Selasa, 01 Desember 2020

Selamat! Liverpool Resmi Juarai Liga Inggris 2019/2020

Setelah 30 tahun menenti, Liverpool akhirnya juarai Liga Inggris

Irwan Febri Rialdi
cloud_download Baca offline
cover_caption
Liverpool juara Liga Inggris 2019/2020. (Twitter/@LFC).

Bolatimes.com - Liverpool resmi menjuarai Liga Inggris 2019/2020. Kepastian ini didapat setelah Manchester City kalah 1-2 dari Chelsea pada pekan ke-31 di Stamford Bridge, London, Jumat (26/6/2020) dini hari WIB.

Keunggulan Chelsea lewat Christian Pulisic sempat diimbangi Manchester City melalui tendangan bebas Kevin De Bruyne.

Sayang, Fernandinho melakukan handsball di kotak terlarang yang berbuah tendangan penalti bagi Chelsea, yang dieksekusi dengan sempurna oleh Willian untuk memastikan kemenangan tuan rumah dengan skor 2-1.

Hasil ini pun memastikan Liverpool keluar sebagai kampiun Liga Inggris 2019/2020, yang jadi gelar liga domestik pertama The Reds dalam kurun waktu 30 tahun terakhir!

Liverpool mengoleksi 86 poin di papan klasemen, unggul 23 poin atas Manchester City yang berada di peringkat kedua.

Meski EPL musim ini masih menyisakan tujuh matchweek, namun gap tersebut sudah tak mungkin lagi terkejar.

Terlepas dari perannya 'membantu' Liverpool, kemenangan ini sendiri memantapkan posisi Chelsea (54 poin) di empat besar klasemen.

Chelsea melebarkan jarak keunggulan lima poin atas tim peringkat kelima serta keenam, yakni Manchester United dan Wolves.

Di Stamford Bridge, ucapan manajer Manchester City, Pep Guardiola yang mengaku bakal memprioritaskan laga perempatfinal Piala FA ketimbang menunda pesta juara Liverpool terbukti hanya bualan belaka, sebagaimana The Citizens tampil full team menghadapi Chelsea.

Manchester City bahkan langsung mengancam dengan cepat di awal laga, memanfaatkan blunder umpan kiper Chelsea, Kepa Arrizabalaga.

Beruntung, umpan terobosan yang mengarah ke Bernardo Silva bisa disapu oleh Antonio Rudiger.

Kepa tampil lebih sigap pada menit ke-18 untuk mengamankan bahaya yang berasal dari sundulan Fernandinho, dengan menepis bola ke atas mistar gawang.

Perlahan tapi pasti Chelsea mulai menemukan ritme permainan mereka, sayang tiga peluang beruntun dari Mason Mount, Pulisic dan Ross Barkley masih bisa diamankan barisan pertahanan Man City.

Akan tetapi lini belakang tim tamu kemudian melakukan kesalahan ketika Ilkay Guendogan dan Benjamin Mendy terlibat miskomunikasi dan bola direbut oleh Pulisic yang berlari menuju kotak penalti Man City sebelum menaklukkan kiper Ederson Moraes demi menyarangkan bola ke pojok kanan bawah gawang. Chelsea memimpin 1-0 pada menit ke-36.

Man City hampir segera membalas ketika Riyad Mahrez memperoleh sedikit ruang di dalam kotak penalti tuan rumah, tetapi tembakannya masih tipis di atas mistar gawang.

Tim tamu akhirnya berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-55 lewat eksekusi tendangan bebas De Bruyne yang melayang melewati pagar hidup sebelum menukik ke pojok kiri atas gawang tak terjangkau Kepa.

Dua menit setelahnya, Man City hampir berbalik unggul lewat sebuah serangan balik yang dieksekusi cepat dan berakhir dengan Raheem Sterling sukses memperdaya Kepa, tapi bola tendangannya mengarah tepat ke tiang gawang sebelum disapu oleh para pemain Chelsea.

Man City yang keasyikan menyerang kembali menemui masalah di lini pertahanan mereka pada menit ke-71, ketika Pulisic bisa mengalahkan Fernandinho untuk mengejar bola umpan terobosan. Pulisic lantas mengecoh Ederson, dan melepaskan tembakan tapi Kyle Walker cukup gesit untuk pasang badang menghalau bola sebelum melewati garis gawang.

Empat menit kemudian, Ederson melakukan penyelamatan gemilang untuk menolak tembakan Tammy Abraham, bola liar berusaha disontek Pulisic tetapi Fernandinho berdiri di garis gawang untuk menolaknya.

Akan tetapi, wasit Stuart Attwell mendapat masukan dari VAR bahwa Fernandinho mengayungkan tangan kirinya untuk menghalau bola dan memberi hadiah tendangan penalti untuk tuan rumah sembari mengganjar kartu merah bagi pemain Brazil itu.

Willian yang menghadapi bola dengan dingin memperdaya kompatriot senegaranya, Ederson, untuk mencetak gol dari titik putih dan membawa Chelsea kembali memimpin 2-1 pada menit ke-78.

Ketimpangan jumlah pemain memudahkan tugas Chelsea untuk menjaga keunggulan mereka hingga peluit tanda laga usai dengan kemenangan 2-1 atas Man City.

Chelsea akan melakoni laga pekan ke-32 mereka pada Rabu (1/7) waktu setempat (Kamis WIB) di kandang West Ham, sedangkan Man City baru main sehari berselang menjamu pemuncak klasemen/tim juara baru Liverpool.

Penulis: Rully Fauzi

Terkait

Terkini