Minggu, 20 September 2020

Xabi Alonso Siap Jadi Asisten Pep Guardiola di Manchester City

Xabi Alonso kini menjadi pelatih kepala Real Sociedad B

Irwan Febri Rialdi
cloud_download Baca offline
cover_caption
Xabi Alonso/Instagram

Bolatimes.com - Mantan pemain Timnas Spanyol, Xabi Alonso, dikabarkan berminat menjadi asisten Pep Guardiola di Manchester City. Posisi tersebut memang masih kosong sejak Mikel Arteta memilih hijrah ke Arsenal.

Xabi yang merupakan mantan gelandang andalan Liverpool, Real Madrid dan Bayern Munich, kini menjadi pelatih kepala Real Sociedad B di Divisi Segunda B Spanyol, setelah gantung sepatu sebagai pemain pada musim panas 2017 lalu.

Real Sociedad B sendiri merupakan klub profesional pertama bagi Xabi sebagai pemain. Pria berusia 38 tahun itu ditunjuk sebagai pelatih klub tersebut pada 1 Juni 2019 lalu.

Seperti dilansir Tribal Football, Xabi pun kini berpeluang besar hijrah ke Man City untuk menjadi 'tangan kanan' alias orang nomor dua bagi Guardiola.

Manajer Manchester City, Pep Guardiola usai membawa timnya juara Piala Liga Inggris 2019/2020 di Stadion Wembley, London, Senin (2/3/2020) dini hari WIB. Man City mengalahkan Aston Villa 2-1 di laga final. [Glyn KIRK / AFP]
Manajer Manchester City, Pep Guardiola. [Glyn KIRK / AFP]

DIsebutkan, Xabi amat berminat untuk mengisi jabatan yang ditinggalkan Mikel Arteta. Nama terakhir berhenti sebagai asisten pelatih Manchester City pada akhir tahun 2019 lalu untuk menjadi manajer Arsenal.

Di bawah asuhan Xabi, Real Sociedad B yang kini berkompetisi di Divisi Segunda B (kasta ketiga Liga Spanyol) berada di peringkat kelima Grup 2, sebelum kampanye 2019/2020 ditangguhkan imbas pandemi COVID-19.

Sebagai informasi, Xabi dan Guardiola sendiri pernah bahu-membahu sebagai pemain dan pelatih di Bayern pada periode 2014-2016.

Guardiola bahkan sempat memuji mantan anak asuh yang juga kompatriotnya asal Spanyol tersebut sebagai salah satu gelandang sentral terbaik yang pernah ia lihat.

Ya, pelatih berkepala plontos itu mensejajarkan Xabi dengan gelandang-gelandang tengah top yang pernah ia besut di Barcelona, mulai dari Xavi Hernandez, Andres Iniesta, hingga Sergio Busquets.

Sebagai informasi tambahan, di Man City saat ini Guardiola disokong Rodolfo Borrell. Ia kini menjadi asisten pelatih The Citizens --julukan Man City-- sejak kepergian Arteta.

Meski demikian, Borrell hanya berstatus asisten pelatih interim di Man City.

Penulis: Reky Kalumata

Terkait

Terkini