Selasa, 01 Desember 2020

Putra Mahkota Arab Saudi bakal Ambil Alih 80 Persen Saham Newcastle United

Perpindahan tangan ini tinggal selangkah lagi

Irwan Febri Rialdi
cloud_download Baca offline
cover_caption
Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman. [Bandar AL-JALOUD / Saudi Royal Palace / AFP]

Bolatimes.com - Newcastle United akan menjadi klub kaya baru. Sebab, klub Inggris ini selangkah lagi akan diakuisi oleh Saudi Public Investment Fund (PIF) lewat firma PCP Capital Partners.

Dalam beberapa hari terakhir, media-media ternama Inggris telah mengklaim bahwa Saudi PIF yang dipimpin Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman bakal mengambil alih 80 persen lebih saham The Magpies --julukan Newcastle United.

Tak lama lagi, takeover dari bos Newcastle sebelumnya, Mike Ashley dipercaya akan rampung.
 
Menurut laporan media-media Inggris, Saudi PIF sendiri tidak akan mengurusi Newcastle secara direct.

Ya, Newcastle akan dipimpin Amanda Staveley, bos PCP Capital Partners yang sebelumnya sudah pernah berupaya membeli The Magpies.

Seperti dilansir Mirror, Newcastle pun bakal diguyur dana fantastis untuk aktif membeli pemain pada bursa transfer mendatang.

Disebutkan, dana segar mencapai 200 juta pounds (sekira Rp 3,8 triliun) sudah disiapkan untuk transfer pemain. Ini belum termasuk dana tambahan untuk perbaikan fasilitas klub.

Putera Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman. [AFP/Saudi Royal Palace/Bandar al Jaloud]
Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman. [AFP/Saudi Royal Palace/Bandar al Jaloud]

Mohammed bin Salman sendiri dilaporkan harus mengucurkan dana tak kurang dari 300 juta pounds (sekira Rp 5,8 triliun) untuk mengambil alih Newcastle.

Diklaim Mirror, Mohammed bin Salman melalui konsorsiumnya memang akan menginvestasikan dana besar secara bertahap, demi mendongkrak pamor Newcastle di kancah domestik bahkan juga Eropa.

Untuk bursa transfer mendatang, sejumlah nama yang dibidik pun bukan pemain kaleng-kaleng.

Newcastle disebut siap melakukan manuver untuk mendatangkan bintang muda Borussia Dortmund Jadon Sancho, playmaker kawakan Real Madrid Luka Modric, hingga kapten Aston Villa Jack Grealish.

Penulis: Rully Fauzi

Terkait

Terkini