Rabu, 21 Oktober 2020

Presiden Getafe Ngamuk Gara-gara La Liga Spanyol bakal Dihentikan

Jika La Liga dihentikan, Getafe kehilangan peluang besar untuk mengukir sejarah tampil di Liga Champions.

Irwan Febri Rialdi
cloud_download Baca offline
cover_caption
Logo La Liga Spanyol. (Shutterstock)

Bolatimes.com - Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) berencana untuk menghentikan La Liga Spanyol 2019/2020. Rencana ini disampaikan oleh RFEF pada Jumat (17/4/2020).

"RFEF ingin menyelesaikan pekerjaan rumahnya untuk berjaga-jaga, jika terjadi penangguhan kompetisi, menerima permintaan dari UEFA terkait klub-klub Spanyol yang akan memperoleh akses ke kompetisi Eropa musim mendatang," kata Sekretaris Jenderal RFEF Andreu Camps, Jumat (17/4/2020).

"Dengan demikian... telah disepakati dalam Komisi Delegasi RFEF untuk membuat rencana guna memastikan dalam skenario ekstrem, seperti tidak mampu menyelesaikan kompetisi, sehingga semua klub tahu skenario baru yang mereka hadapi."

Rencana tersebut pun ditentang keras oleh salah satu peserta La Liga, Getafe. Dilansir Football Espana, manajemen klub Getafe marah besar mendengar rencana penghentian La Liga.

Sebagaimana diketahui, sebelum La Liga disetop pada awal Maret, Getafe berada di posisi empat klasemen sementara dengan koleksi 46 poin. Hanya kalah produktivitas gol, Getafe memiliki poin sama dengan Real Sociedad yang berada di posisi empat klasemen.

Gelandang Real Madrid Brahim Diaz (C) melepaskan tembakan di antara bek Getafe, Ignasi Miquel (kiri) dan pemain tengah Getafe, Mauro Arambarri dalam laga lanjutan Liga Spanyol Jumat (25/4) dini hari WIB. JAVIER SORIANO / AFP
Gelandang Real Madrid Brahim Diaz (C) melepaskan tembakan di antara bek Getafe, Ignasi Miquel (kiri) dan pemain tengah Getafe, Mauro Arambarri dalam laga lanjutan Liga Spanyol Jumat (25/4) dini hari WIB. JAVIER SORIANO / AFP

Melihat posisi Getafe saat ini, rasanya maklum jika kubu Los Azulones mengamuk. Karena mereka kehilangan peluang untuk tampil di kompetisi kasta tertinggi Eropa musim depan, Liga Champions.

"Yang kami inginkan adalah bermain. Getafe ingin meraih apa yang seharusnya kami raih di lapangan," kata presiden klub Angel Torres dikutip Football Espana.

Jika RFEF menghentikan La Liga, maka empat tim yang saat ini berada di papan atas akan menjadi wakil Spanyol di Liga Champions musim depan. Empat klub yang dimaksud adalah Barcelona, Real Madrid, Sevilla dan Real Sociedad.

Setelah putaran terakhir pertandingan selesai pada 10 Maret, Barcelona memuncaki La Liga dengan 58 poin, unggul dua poin dari Real Madrid. Sevilla berada di urutan ketiga dengan 47 poin, sementara Real Sociedad satu poin di belakangnya di posisi keempat.

Tim-tim yang berada di tempat kelima dan keenam - yang saat ini dihuni Getafe dan Atletico Madrid - akan mendapat tempat di kompetisi kasta kedua Eropa, Liga Europa.

Penulis: Rully Fauzi

Terkait

Terkini