Rabu, 19 Februari 2020

Ernesto Valverde Tulis Surat Perpisahan untuk Barcelona, Isinya Bikin Baper

Barcelona resmi memceta Ernesto Valverde pada Senin (13/1/2020).

Irwan Febri Rialdi
cloud_download Baca offline
cover_caption
Gestur pelatih Barcelona, Ernesto Valverde (kanan) pada laga leg kedua semifinal Liga Champions 2018/2019 kontra Liverpool di Anfield, Rabu (8/5/2019) dini hari WIB. [Oli SCARFF / AFP]

Bolatimes.com - Manajemen Barcelona membuat keputusan mengejutkan pada Senin (13/1/2020). Ya, mereka memutuskan untuk mengakhiri kerjasama alias mendepat Ernesto Valverde sebagai pelatih.

Valverde didepak dari posisinya menyusul kegagalan Barcelona di ajang Piala Super Spanyol. Seperti diberitakan sebelumnya, Barcelona ditumbangkan Atletico Madrid 2-3 di babak semifinal.

Sebagai gantinya, klub pimpinan Josep Maria Bartomeu menunjuk mantan pelatih Real Betis Quique Setien sebagai entrenador baru Los Cules. Setien diberikan kontrak berdurasi dua setengah musim.

Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde. [AFP/Josep Lago]
 Ernesto Valverde. [AFP/Josep Lago]

Selasa (14/1/2020) waktu setempat, Valverde pun menuliskan surat perpisahan. Surat yang dirilis FC Barcelona di Twitter @FCBarcelona diberikan Valverde kepada manajemen klub usai dirinya menemui staf dan pemain di Ciutat Esportiva Joan Gamper.

Dalam suratnya, Valverde menyebut jika pemecatan dirinya terasa berat dan sulit. Namun pelatih 55 tahun itu tetap berbesar hati dan berharap Barcelona lebih berprestasi bersama pelatih baru.

Berikut isi surat Valverde yang dirilis klub pada Selasa malam waktu setempat:

Yang terhormat suporter Barcelona.

Peran saya sebagai pelatih Barcelona telah berakhir. Dua tahun setengah terakhir ini sangat intens. Ada saat di mana saya menikmati hari-hari indah ketika meraih kemenangan dan trofi, tapi ada juga hari-hari yang berat dan sulit.

Terlepas dari itu semua, saya ingin mengenang pengalaman saya bersama fans atas perhatian yang mereka berikan selama saya menjadi pelatih.

Saya juga ingin berterima kasih kepada presiden Josep Maria Bartomeu dan direksi klub atas kesempatan melatih tim senior dan kepercayaan yang diberikan selama ini.

Saya juga ingin berterima kasih kepada semua orang yang bekerja dengan saya di klub. Terima kasih atas semua dukungan dan perlakuan mereka kepada saya dalam dua setengah musim terakhir. Khususnya mereka yang bekerja di tim senior, mereka yang berbagi banyak kenangan dengan saya di Ciutat Esportiva.

Tentu saja saya berterima kasih kepada para pemain atas usaha mereka yang berhasil mempersembahkan empat trofi. Mulai hari ini, saya doakan mereka yang terbaik. Juga untuk pelatih baru Quique Setien. Doa saya untuk semuanya.

Hidup Barca dan hidup Katalunya.

Quique Setien diperkenalkan sebagai pelatih baru Barcelona menggantikan Ernesto Valverde, Selasa (14/1/2020). [AFP]
Quique Setien diperkenalkan sebagai pelatih baru Barcelona menggantikan Ernesto Valverde, Selasa (14/1/2020). [AFP]

Valverde ditunjuk sebagai pelatih Barcelona di awal musim 2017/18, menggantikan Luis Enrique. Selama menukangi Lionel Messi dan kawan-kawan, Valverde sukses mempersembahkan empat trofi. Yaitu Piala Raja, Piala Super Spanyol dan dua trofi La Liga.

Penulis: Syaiful Rachman

Terkait

Terkini