Selasa, 12 November 2019

Tiga Manajer Terancam Dipecat di Awal Musim Ini, Termasuk Juru Taktik MU

Sejumlah manager terancam dipecat memasuki pekan keenam liga-liga di Eropa musim ini.

Galih Priatmojo
cover_caption
Manajer Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer saat mendampingi timnya menghadapi Wolverhampton, Selasa (20/8/2019) dini hari tadi. [PAUL ELLIS / AFP]

Bolatimes.com - Sengitnya persaingan di liga-liga Eropa musim ini membuat kejutan terjadi di papan atas klasemen.

Seperti yang terjadi di Liga Inggris, di mana Manchester United yang tampil gemilang di laga pembuka musim secara konstan beranjak turun di klasemen sementara. Hal itu pun mengancam posisi manajer MU saat ini, Ole Gunnar Solskjaer.

Dari Spanyol, pelatih Real Madrid Zinedine Zidane pun juga terancam dipecat. Meski Real Madrid saat ini menempati posisi dua klasemen sementara La Liga, pembantaian di laga pembuka fase grup Liga Champions pekan lalu memicu emosi manajemen klub.

Berikut tiga pelatih yang terancam dipecat di awal musim 2019/20.

Manajer Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer. [Oli SCARFF / AFP]
Manajer Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer. [Oli SCARFF / AFP]

1. Ole Gunnar Solskjaer

Manajer Manchester United Ole Gunnar Solskjaer menjadi sosok yang paling disorot di Liga Premier Inggris. Di bawah kepemimpinan pelatih asal Norwegia tersebut, Manchester United seperti masih jauh dari mimpinya untuk kembali merajai Eropa.

Dari enam pertandingan Liga Inggris, United besutan Ole tak juga mampu bersaing di papan atas. Di awal musim, United tampil trengginas dengan membantai Chelsea 4-0 di laga perdana. Namun setelah itu, United menelan kekalahan kontra West Ham dan Crystal Palace serta imbang saat berhadapan dengan Wolves dan Southampton.

Kemenangan kedua diraih saat menghadapi Leicester City. Itu pun berkat penalti Marcus Rashford. Hanya mendulang dua kemenangan, dua hasil imbang dan dua kali kalah, United saat ini masih tercecer di peringkat delapan dengan delapan poin.

Di ajang Liga Europa, Manchester United pun susah payah untuk menundukkan FC Astana, klub asal Kazakhstan.

Menyusul performa Setan Merah yang kian merosot, manajemen klub kabarnya mulai geram. Rumor berhembus jika Ole terancam dipecat dan digantikan oleh mantan pelatih Juventus Massimiliano Allegri.

Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane memberi arahan kepada anak asuhnya saat menghadapi Sevilla pada Liga Spanyol 2019/20 di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan, Senin (23/9/2019). (CRISTINA QUICLER / AFP)
Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane memberi arahan kepada anak asuhnya saat menghadapi Sevilla pada Liga Spanyol 2019/20 di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan, Senin (23/9/2019). (CRISTINA QUICLER / AFP)

2. Zinedine Zidane

Dari La Liga, Zinedine Zidane juga dikabarkan tengah dalam tekanan. Buruknya performa El Real di awal musim 2019/20, kabarnya membuat manajemen klub tidak puas.

Zidane mungkin pernah sukses dengan mempersembahkan tiga trofi Liga Champions secara beruntun, namun bukan berarti lelaki asal Prancis itu dalam posisi aman.

Hanya memetik tiga kemenangan dari lima pertandingan di liga domestik, Presiden Real Madrid Florentino Perez pun mulai gerah. Pemain-pemain anyar yang dibeli Madrid dengan harga mahal, seperti Eden Hazard, hingga kini tak juga memberikan kontribusi sesuai yang diharapkan.

Madrid pun sepertinya belum bisa melupakan mimpi buruknya di laga perdana fase grup Liga Champions musim ini. Di mana Los Blancos dibantai PSG dengan tiga gol tanpa balas.

Aksi gemilang mantan penggawa Madrid, Angel Di Maria yang dua kali menjebol gawang Thibaut Courtois pun membuat kekalahan tersebut terasa makin menyakitkan.

Tak ingin semakin terpuruk, Perez kabarnya akan segera mengambil tindakan terhadap Zidane. Pengganti pun kabarnya telah disiapkan, yaitu manajer Tottenham Hotspur saat ini Mauricio Pochettino.

Reaksi manajer Arsenal, Unai Emery pada laga final Liga Europa 2018/19 kontra Chelsea di Stadion Olimpiade Baku, Azerbaijan, Kamis (30/5/2019) dini hari WIB, [Alexander NEMENOV / AFP]
Reaksi manajer Arsenal, Unai Emery pada laga final Liga Europa 2018/19 kontra Chelsea di Stadion Olimpiade Baku, Azerbaijan, Kamis (30/5/2019) dini hari WIB, [Alexander NEMENOV / AFP]

3. Unai Emery

Peraih Sepatu Emas musim lalu, Pierre-Emerick Aubameyang saat ini belum mampu menunjukkan performa terbaiknya bersama Arsenal. Namun demikian, 11 gol berhasil disarangkan The Gunners di enam pertandingan.

Tapi sayangnya, dari enam pertandingan tersebut Arsenal kebobolan sebanyak 10 kali. Fakta yang mengindikasikan jika pertahanan Arsenal saat ini rentan, meski di bursa transfer musim panas kemarin The Gunners memboyong David Luiz.

Terkait buruknya pertahanan The Gunners, Emery pernah menyebut jika cederanya Rob Holding, Hector Bellerin dan Kieran Tierney menjadi penyebab masalah itu. Namun manajemen Arsenal kabarnya mulai kehilangan kesabaran.

Sejumlah media menyebut jika Emery akan kehilangan jabatannya apabila gagal membenahi lini belakang The Gunners dalam waktu dekat.

Terkait

Terkini