Rabu, 14 April 2021

Final Leg Kedua River Plate vs Boca Juniors Digelar di Bernabeu

Final Copa Libertadores diungsikan ke luar Amerika.

Stephanus Aranditio
cloud_download Baca offline
cover_caption
Stadion Santiago Bernabeu, Madrid (AFP)

Bolatimes.com - Federasi sepakbola Amerika Selatan (CONMEBOL) menentukan venue leg kedua final Copa Libertadores 2018 antara River Plate vs Boca Junior akan diungsikan ke Santiago Bernabeu, Madrid, Minggu (9/12/2018),  20.30 waktu setempat.

Markas Real Madrid itu dipilih karena dinilai kondusif dan tidak akan terjadi kerusuhan seperti sebelumnya, laga final ini adalah laga tunda karena sejatinya sudah digelar pada Sabtu kemarin.

''Kami menghadapi situasi luar biasa dan harus mencari kota alternatif. Kami yakin Kota Madrid punya semua kondisi yang kami butuhkan. Saya berterima kasih kepada Presiden Spanyol, Presiden FIFA, dan secara personal kepada sahabat saya, Florentino Perez (presiden Real Madrid]). Juga kepada seluruh kota yang telah menunjukkan minat menggelar laga ini,'' kata presiden CONMEBOL, Alejandro Dominguez dilansit bolatimes.com dari Clarin.

Laga bertajuk Superclasico ini sejatinya digelar di Estadio Monumental, Sabtu (24/11/2018) terpaksa harus diungsikan ke luar Amerika karena kekisruhan yang terjadi.

Suporter River Plate saat bentrokan dengan pihak kepolisian (AFP)
Suporter River Plate saat bentrokan dengan pihak kepolisian (AFP)

 

Suporter River yang jadi tuan rumah secara brutal menyerang bus Boca dalam perjalanan menuju stadion. Sederet pemain Los Xeneizes pun mengalami luka-luka bahkan dua di antaranya harus dilarikan ke rumah sakit akibat pecahan kaca.

Akibat kerusuhan ini CONMEBOL terpaksa menunda laga ini selama 24 jam, dan kembali ditunda karena situasi di Argentina tidak memungkinkan untuk menggelar pertandingan ini.

Sebelumnya CONMEBOL juga sempat memikirkan menggelar pertandingan di Asuncion (Paraguay), Doha (Qatar), Genoa (Italia), atau Madrid (Spanyol).

Meski sempat terjadi kerusuhan di Argentina, CONMEBOL tetap mempersilahkan suporter untuk datang menyaksikan pertandingan ini di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid.

''Pintu juga terbuka bagi semua orang yang ingin mendukung kebaikan sepak bola,'' jelas Dominguez.

River PLate sendiri disanksi oleh CONMEBOL dengan dengan 400 ribu USD dan sanksi pertandingan tanpa penonton di dua laga awal musim depan.

Meski CONMEBOL sudah memberi sanksi ini, Boca masih akan terus melanjutkan ajuan perkara ke pengadilan tinggi olahraga (CAS) agar River dinyatakan kalah dan gelar Copa Libertadores musim ini jatuh ke tangan mereka.

Terkait

Terkini