Senin, 19 April 2021

18 Tahun Lalu, Seorang Bocah Menjelma Jadi Alien Bernama Messi

Xavi Hernandez: ''Saya lupa namanya, yang saya tau dia (Lionel Messi) luar biasa bisa melewati Puyol dan Thuram!''

Stephanus Aranditio
cloud_download Baca offline
cover_caption
Kartu Anggota La Masia, Lionel Messi (FC Barcelona)

Bolatimes.com - Pada hari ini pada tahun 2000, seorang pemuda berusia 13 tahun dari Rosario, Argentina, hijrah ke Spanyol dan bergabung dengan Akademi La Masia dan sepakbola Barcelona berubah pada saat itu.

Dia adalah bocah cilik bernama lengkap Lionel Andres Messi yang menjelma menjadi ''alien'' yang menguasai dunia satu dekade terakhir bersama seorang Alien lain dari Portugal bernama Cristiano Ronaldo.

10 Piala Ballon d'Or silih berganti masuk ke dalam lemari kaca mereka, masing-masing lima untuk keduanya. Lahir dari klub masa kecilnya Newell's Old Boys di Argentina, Messi memutuskan untuk pindah ke Catalonia melanjutkan impiannya menjadi pemain bintang dunia.

Dan 18 tahun kemudian, pantas rasanya untuk mengatakan bahwa Messi telah melakukannya semuanya dengan baik. Total 33 Trofi telah dipersembahkan La Pulga untuk Blaugrana.

556 gol dan 215 assist dalam 642 pertandingan bersama Barcelona hingga hari ini rasanya lebih dari cukup untuk membuat legenda sepak bola sekelas Ronaldinho menyarankan manajemen untuk mengistirahatkan nomor pungung 10 Messi selamanya.

''Ketika Messi pensiun, klub bisa meninggalkan nomor sepuluh miliknya dan tidak ada seorangpun yang akan memakainya lagi,'' kata Ronaldinho dilansir Bolatimes.com dari goal.

Pemain Barcelona Lionel Messi digendong Ronaldinho saat merayakan gol melawan Albacete di Stadion Camp Nou 01 May 2005. (AFP)
Pemain Barcelona Lionel Messi digendong Ronaldinho saat merayakan gol melawan Albacete di Stadion Camp Nou 01 May 2005. (AFP)

 

Ronaldinho menambahkan, orang-orang tidak akan melihat lagi bakat seperti yang dimiliki Lionel Messi di kemudian hari jika ia sudah pensiun.

''Messi tidak diragukan lagi adalah pemain terbaik dalam sejarah klub, selama bertahun-tahun, dia melakukan apa yang tidak bisa dilakukan siapapun dan dia yang terbaik,'' jelas Ronaldinho.

Selain Ronaldinho, legenda Barcelona lainnya Xavi Hernandez juga terkesima dengan permainan Lionel Messi. Sebelum Messi bergabung, Xavi telah mendengar kabar bahwa ada seorang bocah cilik berbakat dari La Masia yang akan promosi ke skuat utama. 

''Mereka sudah bercerita tentang anak ini, saya telah diperingatkan bahwa ada anak muda Argentina yang datang dengan sangat baik,'' kata Xavi.

Pemain Barcelona Lionel Messi dan Xavi Hernandez merayakan gelar juara Spanish Supercup setelah mengalahkan Sevilla di partai final di Camp Nou Stadium, Barcelona (21/8/2010) (AFP)
Pemain Barcelona Lionel Messi dan Xavi Hernandez merayakan gelar juara Spanish Supercup setelah mengalahkan Sevilla di partai final di Camp Nou Stadium, Barcelona (21/8/2010) (AFP)

 

Xavi bahkan mengaku sempat lupa dengan nama Lionel Messi, ia hanya tahu ada seorang anak yang bisa melewati dua bek tangguh Barcelona kala itu yakni Lilian Thuram dan kapten Carles Puyol saat sesi latihan.

''Mereka bahkan menyebut namanya tapi saya lupa. Tapi kemudian, ketika saya melihat dia di pelatihan berusia 16 tahun, saya bisa melihat persis apa yang sedang mereka lakukan. Ada pelatihan yang biasa kami lakukan di mana pemain adalah satu lawan satu melawan Thuram, dan Puyol.''

Pemain Barcelona, Carles Puyol merayakan gol bersama Lionel Messi (2006) (AFP)
Pemain Barcelona, Carles Puyol merayakan gol bersama Lionel Messi (2006) (AFP)

 

''Saya melihat Messi melewati dua orang itu dan tidak bisa mempercayai mata saya. Saya berpikir: 'Astaga, di sini anak ini yang baru berusia 16 tahun berhasil melewati para bek kelas dunia. Bahkan kemudian Anda bisa mengatakan bahwa ia berbeda. Jelas bahwa dia memiliki bakat bawaan ketika dia satu lawan satu, dia cepat, dia mencetak banyak gol, dia lolos, menembak. Dia luar biasa,'' tegas Xavi.

Berikut video skill luar biasa Lionel Messi saat masih bermain di La Masia:

Terkait

Terkini