Bolaindonesia

Shin Tae-yong Heran dengan Ranking FIFA Indonesia, Harusnya 100 Besar

Shin Tae-yong tidak habis pikir dengan ranking FIFA Indonesia

Irwan Febri Rialdi

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat memberikan instruksi kepada para pemain. (Dok. PSSI)
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat memberikan instruksi kepada para pemain. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Pelatih Shin Tae-yong bingung dengan peringkat Timnas Indonesia bisa jeblok di posisi ranking FIFA. Padahal, Indonesia dianggapnya punya potensi menembus posisi 100 besar. Namun, harus ada kemauan yang besar dari pemain.

Seperti diketahui, Indonesia dalam waktu dekat berpeluang memperbaiki posisi yang kini berada di peringkat ke-173. Yakni dengan mendapatkan hasil positif di partai lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Thailand, Vietnam, dan Uni Emirates Arab (UEA).

Tentunya hal tersebut tidaklah mudah. Mentalitas dan fisik pemain Timnas Indonesia jadi sorotan Shin Tae-yong. Oleh sebab itu, harus ada perbaikan yang dilakukan.

"Secara fisik dan mental sangat kalah dan itu mau tidak mau harus diperbaiki. Saya juga ingin berbicara kepada Pak Ketum (Mochamad Iriawan) bahwa bingung juga kenapa Indonesia berada di urutan ke-173. Kita pasti bisa berada di peringkat ke-100 kalau kalian (pemain) mempunyai mental dan memberikan semuanya untuk tim," kata Shin Tae-yong saat acara pelepasan tim jelang ke UEA, Jumat (14/5/2021).

"Sebagai contoh, pertama saat Timnas Indonesia U-19 ke Kroasia dan melawan Kroasia serta Bulgaria. Kami kemasukan tujuh dan tiga gol. Saat bermain, pemain tidak ada yang berani mengadang tendangan lawan," tambahnya.

Shin Tae-yong mencoba mengubah mentalitas para pemain Indonesia dari laga tersebut. Hal inilah yang ingin diterapkan Shin Tae-yong kepada timnas senior.

"Akhirnya kami melakukan perubahan latihan jadi kalau misalkan ada (lawan) yang menendang segera hadang dan akhirnya bisa lebih baik. Sebelumnya tidak ada yang mau menghadang," ceritanya.

"Setelah itu dari pemain sendiri tidak ada takutnya dan akhirnya kami tidak banyak kemasukan bahkan berhasil menang dan imbang," pungkasnya.

Di Dubai nanti, Timnas Indonesia akan melakoni tiga laga Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 kontra Thailand (3/6/2021), Vietnam (7/6/2021), dan UEA (11/6/2021).

Sebelum itu, ada dua pertandingan uji coba melawan Afganistan pada 25 Mei dan Oman empat hari setelahnya.

Berita Terkait

Berita Terkini