Minggu, 16 Mei 2021

Profil Syamsir Alam, Artis yang Jadi Pemain RANS Cilegon FC

Syamsir Alam resmi diumumkan sebagai pemain RANS Cilegon FC. Simak profil Syamsir Alam berikut ini!

Irwan Febri Rialdi
cloud_download Baca offline
cover_caption
Syamsir Alam. (Sumber: Instagram/@syamsir11alam).

Bolatimes.com - Syamsir Alam tengah mencuri perhatian. Hal itu karena pria yang eksis di dunia hiburan itu diperkenalkan sebagai pemain RANS Cilegon FC.

Sebagai informasi, RANS Cilegon FC telah merilis nama-nama pemain untuk persiapan menghadapi kompetisi Liga 2 mendatang. Sederet nama beken telah diumumkan oleh Raffi Ahmad, sang chairman RANS Cilegon FC, untuk masuk dalam skuadnya, termasuk Syamsir Alam.

Tak lama setelah Syamsir Alam resmi diumumkan sebagai pemain RANS Cilegon FC, netizen langsung heboh mencari rekam jejak dan profilnya. Tanpa berlama-lama, langsung saja simak rangkuman profil Syamsir Alam berikut ini!

Pesepak bola Syamsir Alam menunjukkan foto putri pertamanya dengan Bunga Jelitha yang bernama Akleema Regalo Zulaikha saat konferensi pers di RSIA Tambak, Jakarta Pusat, Kamis (7/1/2021). [Matamata.com/Alfian Winanto]
Pesepak bola Syamsir Alam menunjukkan foto putri pertamanya dengan Bunga Jelitha yang bernama Akleema Regalo Zulaikha saat konferensi pers di RSIA Tambak, Jakarta Pusat, Kamis (7/1/2021). [Matamata.com/Alfian Winanto]

Profil Syamsir Alam

Jauh sebelum terjun ke dunia hiburan, Syamsir Alam dikenal sebagai pemain sepak bola di Indonesia. Dalam sebuah kesebelasan, Syamsir Alam berposisi sebagai penyerang.

Pria yang lahir pada 6 Juli 1992 itu sempat digadang-gadang menjadi pemain sepak bola top untuk Indonesia di masa depan. Apalagi, anak dari pasangan Edinas Sikumbang dan Yuliana ini telah menekuni dunia sepak bola sejak kecil.

Nggak cuma itu, pada awal kariernya di dunia sepak bola, Syamsir Alam sudah tampil dalam kejuaraan Asia di Bangkok, Thailand. Kala itu, Syamsir Alam memperkuat Timnas Indonesia U-14.

Syamsir Alam dan Bunga Jelitha (Suara.com/Sumarni)
Syamsir Alam dan Bunga Jelitha (Suara.com/Sumarni)

Syamsir Alam muda juga mendapatkan kesempatan belajar ke Eropa dan Amerika Latin yang digelar PSSI. Program bernama Socieded Anonima Deportive (SAD) membawa Syamsir berguru ke Uruguay selama kurang lebih empat tahun. Lewat proyek tersebut, nama Syamsir Alam mulai menjadi perbincangan para penggemar sepak bola di Indonesia.

Kemudian,Syamsir Alam membela Timnas Indonesia U-19 pada ajang kualifikasi Piala Asia U-19 2007 di Vietnam. Syamsir Alam pun sempat bergabung dengan tim junior klub Belanda SC Heerenveen pada 2009 dan SBV Vitesse pada 2010.

Karier sepak bola Syamsir Alam terlihat mengalami peningkatan setelah bergabung dengan CS Vise. Namun, ia kemudian dipinjamkan ke DC United, yang kala itu dimiliki oleh Erick Thohir.

Sayangnya, Syamsir Alam hanya satu kali bermain dengan DC United. Itupun dalam pertandingan persahabatan. Bahkan, alih-alih bermain sebagai striker, kala itu Syamsir Alam malah bermain sebagai bek kanan.

Syamsir Alam dan Bunga Jelitha. [Yuliani/Matamata.com]
Syamsir Alam dan Bunga Jelitha. [Yuliani/Matamata.com]

Syamsir Alam sempat masuk ke daftar pemain Timnas Indonesia U-23 yang dipersiapkan untuk tampil di SEA Games 2013. Sayangnya, ia dicoret karena tidak kunjung tampil memuaskan.

Selanjutnya, Syamsir Alam berkarier di Indonesia bersama Sriwijaya FC. Syamsir Alam bergabung dengan Laskar Wong Kito pada 2013. Namun, Syamsir Alam tidak bisa masuk tim utama Sriwijaya FC.

Bisa dibilang, Syamsir Alam gagal total di Sriwijaya FC. Ia lebih sering menjadi penghangat bangku cadangan dan hanya mampu tampil enam kali untuk Sriwijaya FC. Ia pun hengkang pada 2014.

Syamsir Alam melanjutkan kariernya di Pelita Bandung Raya atau PBR. Dua tahun kemudian, Syamsir Alam pindah ke Persiba Balikpapan, tepatnya pada 2016.

Karier sepak bola Syamsir Alam meredup setelah keluar dari Persiba Balikpapan. Ia terjun ke dunia hiburan dan semakin sering masuk televisi karena menjadi pembawa acara program televisi.

Walau tidak aktif lagi sebagai pemain sepak bola profesional, Syamsir Alam masih menyempatkan diri bermain sepak bola bersama Selebritis FC yang diisi pesohor-pesohor dunia hiburan.

Sekilas mengenai kehidupan pribadi, Syamsir Alam telah menikah dengan Bunga Jelitha Ibrani pada Sabtu (21/3/2020). Pernikahan Syamsir Alam dan Bunga Jelitha berlangsung di sebuah tempat di kawasan Cinere, Depok, Jawa Barat.

Syamsir Alam dan Bunga Jelitha pun telah dikaruniai anak pertama berjenis kelamin perempuan. Sang bayi lahir pada tanggal 6 Januari 2021.

(Matamata.com/Yohanes Endra)

Terkait

Terkini