Minggu, 11 April 2021

Beri Komentar Rasis ke Patrich Wanggai, Warganet Ini Minta Maaf

"Saya ingin meminta maaf kepada bang Wanggai atas apa yang sudah saya lakukan di kolom komentarnya," ucap warganet dalam video yang dibagikan Syamsir Alam.

Irwan Febri Rialdi | Arif Budi Setyanto
cloud_download Baca offline
cover_caption
Selebrasi penyerang PSM Makassar, Patrich Wanggai, usai membobol gawang Persija Jakarta. (Instagram/psm_makassar)

Bolatimes.com - Striker PSM Makassar, Patrich Wanggai, mendapatkan komentar rasis di akun media sosial Instagramnya. Salah satu warganet yang berkomentar rasis mengajukan permintaan maaf yang dibagikan oleh Syamsir Alam.

Melalui akun media sosial Instagramnya pada Selasa (23/3/2021), Syamsir Alam membagikan sebuah video permintaan maaf dari warganet yang mengaku berkomentar rasis terhadap Patrich Wanggai.

"Nama saya Ilham Rizky. Saya ingin meminta maaf kepada bang Wanggai atas apa yang sudah saya lakukan di kolom komentarnya, yang mengatakan bahwa bang Wanggai itu hitam," ucapnya.

"Saya mengakui kesalahan saya, tapi di sini saya memohon maaf sebesar-besarnya atas apa yang saya lakukan dan saya berjanji tidak akan mengulanginya lagi. Kepada orang yang merasa sakit hati atas apa yang saya lakukan, saya mohon maaf sebesar-besarnya atas apa yang saya katakan itu sudah menyakitkan perasaan kalian semua."

"Sekali lagi saya mohon maaf, terkhusus kepada bang Wanggai. Terima kasih, Wassalamualaikum," tutupnya.

Syamsir Alam unggah video permintaan maaf warganet yang beri komentar rasis ke Patrich Wanggai. (Instagram/syamsir11alam)
Syamsir Alam unggah video permintaan maaf warganet yang beri komentar rasis ke Patrich Wanggai. (Instagram/syamsir11alam)

Bersamaan dengan itu, Syamsir Alam yang mengunggah video permintaan maaf menyampaikan pesan kepada warganet untuk tidak menjadi jagoan dengan komentar-komentarnya.

"Ngga ada tempat buat rasis dimanapun!! @ilhammmrizkyy__ sudah meminta maaf. Jangan jadi jagoan dengan jempol kalian, Saling menghargai lebih baik. Terbaik untuk kakakku @wanggaipatrich," tulis Syamsir Alam.

Patrich Wanggai sendiri mendapatkan komentar bernada rasis setelah menjadi aktor kemenangan PSM Makassar saat menghadapi Persija Jakarta di Piala Menpora pada Senin (22/3/2021) di Stadion Kanjuruhan, Malang.

Wanggai memecah kebuntuan PSM pada menit ke-45+2. Penyerang 32 tahun itu mencetak gol cantik dengan membalikkan badan dan melepas tendangan kaki kiri yang tak bisa dibendung kiper Persija, Andritany Ardhiyasa.

Usai mencetak gol, Wanggai langsung melakukan selebrasi unik. Ia berselebrasi dengan gaya menutup matanya sambil berlari ke tepi lapangan.

Sayangnya, Wanggai justru menjadi sasaran rasisme di media sosial usai jadi bintang kemenangan PSM. Instagram pemain asal Papua itu dipenuhi komentar bernada pelecehan warna kulit dan kalimat-kalimat kasar lainnya.

Sementara itu, kemenangan ini membuat PSM Makassar menduduki posisi puncak klasemen Grup B Piala Menpora yang. Sementara Persija berada di dasar klasemen.

Terkait

Terkini