Senin, 26 Oktober 2020

Daftar Pemain Naturalisasi yang Pernah Berseragam Persija, Siapa Saja?

Terkini adalah Otavio Dutra yang menjadi pemain Persija.

Rauhanda Riyantama
cloud_download Baca offline
cover_caption
Bek Persebaya Surabaya, Otavio Dutra dipanggil ke Timnas Indonesia. [@otaviodutra5_indonesia]

Bolatimes.com - Persija Jakarta pernah diperkuat oleh sejumlah pemain naturalisasi. Musim ini ada satu pemain naturalisasi yang memperkuat Tim Macan Kemayoran yaitu Otavio Dutra.

Ada kemungkinan pemain naturalisasi Macan Kemayoran pada musim ini bertambah, jika proses menjadi WNI (Warga Negara Indonesia), Marc Klok, selesai sebelum Liga 1 2020 kembali bergulir pada 1 Oktober mendatang.

Dutra bukanlah pesepakbola pertama yang memperkuat Pasukan Ibu Kota dengan status naturalisasi. Sebelumnya, Persija sudah pernah memilikinya sejak musim 1948.

Otavio Dutra mencium bendera Merah Putih usai mengucapkan sumpah dan janji setia kepada NKRI saat prosesi menjadi warna Negara Indonesia di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Jatim di Surabaya, Jumat (27/9/2019). (ANTARA Jatim/Naufal Ammar)
Otavio Dutra mencium bendera Merah Putih usai mengucapkan sumpah dan janji setia kepada NKRI saat prosesi menjadi warna Negara Indonesia di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Jatim di Surabaya, Jumat (27/9/2019). (ANTARA Jatim/Naufal Ammar)

Pemain naturalisasi pertama tim kesayangan Jakmania ini adalah Nol van der Vin. Pemain kelahiran Belanda ini memilih menjadi WNI pada awal kemerdekaan. Van Der Vin membela Persija pada musim 1948 sampai dengan 1954. Diketahui sang pemain turun dalam 30 pertandingan bersama Persija.

Cukup lama bagi Persija kembali diperkuat pemain lokal rasa asing. Barulah pada musim 2015 pemain naturalisasi kembali berseragam Persija.

Dialah Stefano Lilipaly. Pemain berdarah Belanda-Maluku itu sayangnya tak sempat tampil karena kompetisi pada musim itu dihentikan.

Musim setelahnya atau tepatnya pada turnamen Piala Jenderal Sudirman 2015, Macan Kemayoran diperkuat oleh Raphael Maitimo. Pemain naturalisasi asal Belanda itu mencetak tiga gol untuk Persija di turnamen tersebut.

Di Liga 1 2018, Persija kembali diperkuat oleh pemain naturalisasi. Macan Kemayoran merekrut pemain naturalisasi asal Afrika, Osas Saha. Pemain yang kini milik PSM Makassar itu menjalankan 13 laga dan mengemas dua gol.

Lalu, di musim 2019 Persija meminjam Alberto Goncalves dari Madura United. Pemain yang akrab disapa Beto ini dipakai Persija untuk ajang Piala AFC 2019.

Sedangkan musim ini Persija mengontrak seorang bek gaek yang sudah menjadi WNI sejak 2019 yaitu Otavio Dutra. Mantan pemain Bhayangkara FC itu dikontrak selama dua musim oleh manajemen Persija.

Terkait

Terkini