Minggu, 06 Desember 2020

Demi Sukseskan Piala Dunia U-20 2021, Pemerintah Anggarkan Dana Rp 600 M

Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021.

Rauhanda Riyantama
cloud_download Baca offline
cover_caption
Indonesia resmi ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Demi menyukseskan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021, pemerintah telah menyiapkan anggaran besar. Menurut Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Yoyok Sukawi, dana tak kurang Rp 600 miliar siap digelontorkan.

Yoyok yang juga merupakan anggota Komisi X DPR RI itu menyebut anggaran sebesar Rp 600 miliar akan dibagi dua dalam peruntukannya. Yang pertama untuk penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021 sebesar Rp 400 miliar.

Sisanya senilai Rp 200 miliar untuk persiapan Timnas Indonesia di ajang tersebut, seperti training camp (TC) dalam atau luar negeri, hingga pertandingan uji coba.

CEO PSIS Semarang yang juga anggota Komisi X DPR Republik Indonesia A.S. Sukawijaya yang akrab disapa Yoyok Sukawi. (ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi)
CEO PSIS Semarang yang juga anggota Komisi X DPR Republik Indonesia A.S. Sukawijaya yang akrab disapa Yoyok Sukawi. (ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi)

"Saat rapat dengan Komisi X DPR, anggaran untuk pelaksanaan Piala Dunia U-20 2021 itu sebesar Rp 400 miliar," kata Yoyok Sukawi saat dihubungi awak media via telepon, Minggu (5/7/2020).

"Sementara untuk peningkatan prestasi Timnas Indonesia U-19 dan pengembangan sepakbola usia muda itu sebesar Rp 200 miliar," tambah lelaki yang juga CEO PSIS Semarang itu.

Yoyok menambahkan dana yang diberikan oleh pemerintah terbilang luar biasa. Ia mengatakan belum tentu cabang olahraga (cabor) lain bisa menerimanya.

"Cabang olahraga lain tidak ada perlakuan seperti itu. Jadinya enak, dulu Asian Games, ada INASGOC, sepakbola main stadion mana tinggal main, makan sudah dapat. Kalau sekarang, kan Piala Dunia U-20 2021 panitianya INAFOC," ia menambahkan.

"Pak Jokowi sudah mengatakan PSSI fokus prestasi, infrastruktur pemerintah. Anggaran sudah ada di Kementerian PUPR, anggaran ini cukup besar untuk infrastruktur," pungkasnya.

Terkait

Terkini