Minggu, 28 Februari 2021

Pelatih Madura United Dapat Bocoran Tanggal Lanjutan Liga 1 2020, Kapan?

Rencananya Liga 1 2020 akan lanjut pada September atau Oktober mendatang.

Rauhanda Riyantama
cloud_download Baca offline
cover_caption
Rahmad Darmawan. (Dok. Madura United).

Bolatimes.com - Soal tanggal lanjutan Liga 1 2020Rahmad Darmawan mengaku dapat bocoran. Menurut pelatih Madura United itu, bocoran tersebut disampaikan langsung oleh Direktur Madura United sekaligus anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Haruna Soemitro.

Seperti apa yang disampaikan oleh PSSI dalam pengumumannya, tanggal kick off Liga 1 2020 menjadi dua opsi yaitu September dan Oktober.

Menurut mantan pelatih Tira-Persikabo itu untuk bulan September, Liga 1 2020 akan berlangsung pada tanggal 18. Sementara bulan Oktober di tanggal satu.

"Yang pertama, kemarin Pak Haruna memberikan kepada saya beberapa alternatif opsi untuk kompetisi lanjutan. Ada di jadwal itu 18 September, yang satunya 1 Oktober," kata Rahmad Darmawan.

Oleh karena itu, pelatih yang akrab disapa RD itu mulai melakukan penghitungan untuk melakukan persiapan tim. Menurutnya, tim butuh lima sampai enam pekan agar kembali menyambut kompetisi.

Rahmad Darmawan (ANTARA FOTO/Fauzan/ama)
Rahmad Darmawan (ANTARA FOTO/Fauzan/ama)

 

"Dari situ kami menghitung yang pasti dengan kebutuhan-kebutuhan kondisi fisik, kebutuhan tes kesehatan, dan protokol kesehatan yang harus kami lakukan," jelas RD.

"Paling tidak kami butuh waktu lima hingga enam minggu sebelum kompetisi kembali dimulai. Kalau kompetisi mulainya 1 Oktober, maka bisa dilakukan setelah 17 Agustus, bisa tanggal 19 Agustus. Tapi, kalau mengejar yang enam minggu, maka maju sedikit," ia menambahkan.

Selain persiapan berlatih, mantan arsitek Timnas Indonesia itu mengaku pemain, pelatih, dan ofisial tim harus menjalani tes kesehatan. Ini sesuai dengan panduan protokol kesehatan yang dibuat oleh PSSI untuk menjalani kompetisi.

"Karena ada beberapa tahapan yang harus dilakukan sebelum memulai latihan. Maka, saya rancang waktu itu dengan asumsi terdapat pertimbangan medis yang harus dilakukan oleh tim kami," ujarnya.

"Akan ada beberapa item yang harus kami buat setelah saya baca-baca soal protokol latihan dan pertandingan," pungkasnya.

Meski begitu, PSSI belum mengumunkan secara resmi kapan tanggal pasti kick off Liga 1 2020. PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator sedang menyusun regulasi yang cocok untuk kompetisi di tengah pandemi COVID-19.

Terkait

Terkini