Rabu, 14 April 2021

Unik, Pemain Persebaya Surabaya Gelar Latihan Online

Persebaya gelar latihan online di tengah pandemi virus corona.

Rauhanda Riyantama
cloud_download Baca offline
cover_caption
Pesepak bola Persebaya David da Silva (kiri) melakukan selebrasi bersama rekannya setelah mencetak gol ke gawang Arema FC dalam laga semifinal Piala Gubernur Jawa Timur di Stadion Gelora Soeprijadi, Kota Blitar, Jawa timur, Selasa (18/2/2020). (ANTARA Jatim/Irfan Anshori/zk)

Bolatimes.com - Persebaya Surabaya punya cara kreatif untuk memantau anak asuhnya berlatih saat Liga 1 2020 ditangguhkan akibat pandemi virus corona. Manajemen Bajul Ijo baru-baru ini menggagas metode latihan online.

Makan Konate cs sendiri sudah 21 hari tak menggelar latihan sejak terakhir pada 21 Maret lalu. Alhasil, mereka dituntut latihan mandiri di kediaman masing-masing. 

Demi memastikan kondisi anak asuhnya, Gassely Jun Panam selaku pelatih fisik Persebaya, memimpin langsug latihan online tersebut. Menu strength dan endurance menjadi menu utama pelatih berusia 33 tahun tersebut.

''Kita mulai mencoba latihan bersama setelah sebelumnya kita hanya memberikan pekerjaan rumah untuk para pemain,'' kata Gassely, dikutip dari laman resmi klub.

"Kita melakukan metode HIIT (High Intensity Interval Training), tujuannya di samping untuk menjaga kondisi fisik mereka, juga untuk memonitoring pelaksanaannya. Jadi bisa langsung dikoreksi," imbuhnya.

Sebelumnya, tim pelatih sudah memberikan tugas kepada para pemain selama masa libur kompetisi ini. Tiap pemain diminta merekam latihan mandiri yang mereka lakukan dan nantinya dikirim kepada tim pelatih.

''Selama ini sudah berjalan latihan mandiri. Tapi kelemahannya kita tidak bisa mengoreksi secara langsung," ungkap Gassely.

Skua Persebaya Surabaya saat menjalani sesi latihan secara online dari kediaman masing-masing akibat pandemi virus coroba. (Dok. Persebaya)
Skua Persebaya Surabaya saat menjalani sesi latihan secara online dari kediaman masing-masing akibat pandemi virus coroba. (Dok. Persebaya)

Hampir seluruh pemain mengikuti latihan online tersebut. Beberapa pemain izin untuk tidak mengikuti latihan karena menghadapi beberapa kendala.

Contohnya seperti Aryn yang masih menjalani masa karantina dari pemerintah Australia. Sedangkan Mahmoud Eid dan David terkendala perbedaan waktu yang cukup signifikan dengan Indonesia.

Rencananya latihan online ini akan rutin digelar oleh Bajol Ijo. Mengingat wabah virus corna masih berlangsung dan pemerintah meminta warga masyarakat untuk melakukan aktivitas di dalam rumah.

''Kita akan evaluasi penyelenggaraan latihan online ini karena ini baru yang pertama kita latihan bersama. Rencananya setelah evaluasi kita akan adakan latihan rutin seperti ini," ungkap Gassely.

Selain diminta menjaga kondisi fisik, pelatih kelahiran Jakarta tersebut juga berpesan kepada para pemain untuk menjaga kesehatan dan kebersihan diri.

''Mereka harus jaga kebersihan, jaga kesehatan baik diri maupun keluarga, dan tetap melakukan aktivitas latihan. Di samping baik untuk kondisi mereka juga baik untuk imun mereka, setidaknya dengan berolahraga maka hormon endorfin keluar membuat mereka menjadi tenang dan bahagia," pungkasnya.

Terkait

Terkini