Kamis, 09 April 2020

Bek Asing Persik Kediri Akui Suka Kopi, Bikin Harinya Bersemangat

Legiun asing asal Australia itu memang penggila kopi.

Irwan Febri Rialdi
cloud_download Baca offline
cover_caption
Pemain asing Persik Kediri, Ante Bakmaz saat belajar meracik kopi dari Indonesia, di sebuah kedai kopi, Kota Kediri, Jawa Timur. ANTARA Jatim/ HO-Ach

Bolatimes.com - Bek asing Persik Kediri, Ante Bakmaz, memiliki kegiatan menarik dalam mengisi waktu luang. Kegiatan itu adalah meracik kopi dari Indonesia.

Ante Bakmaz mengaku ia penyuka kopi. Dengan minum kopi, membuat aktivitasnya sehari-hari menjadi lebih bersemangat.

"Kopi membuat saya bersemangat, di sini kopinya enak dan baristanya ramah," kata pemain asing yang berpaspor Australia ini di Kediri, Jawa Timur, Jumat (21/2/2020).

Ia mempunyai kedai kopi langganan, SK Coffee Lab. Lokasi kedai ini juga tidak jauh dari Mess Persik Kediri, tepatnya di kompleks Perumahan Perhutani, Jl PK Bangsa, Kota Kediri.

Biasanya, setiap jam dua siang sebelum latihan di Stadion Brawijaya, Kediri, ia singgah di kedai langganannya tersebut. Karena tempatnya dekat dengan Mess Persik, biasanya hanya jalan kaki ke lokasi.

Ia juga suka singgah ke kedai kopi itu, karena di tempat itu ia juga diperbolehkan belajar membuat kopi sendiri.

"Saya di sini diperbolehkan belajar membuat kopi sendiri, dengan mesin espresso," kata Ante Bakmaz.

Didampingi manager SK Coffee Lab, Adde Septa Enjang, saat ini Ante Bakmaz sudah mulai mahir mengoperasikan mesin kopi dua grup dari pabrikan Simonelli, Italia.

Pemain baru Persik Kediri Ante Bakmaz (kanan) mengikuti latihan perdananya di stadion Brawijaya, Kota Kediri, Jawa Timur, Kamis (6/2/2020). Persik Kediri merekrut mantan pemain Madura United yang berasal dari Australia tersebut untuk menempati posisi bek tengah pada kompetisi Liga 1 musim kompetisi 2020 mendatang. ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/foc.
Pemain baru Persik Kediri Ante Bakmaz (kanan) mengikuti latihan perdananya di stadion Brawijaya, Kota Kediri, Jawa Timur, Kamis (6/2/2020). Persik Kediri merekrut mantan pemain Madura United yang berasal dari Australia tersebut untuk menempati posisi bek tengah pada kompetisi Liga 1 musim kompetisi 2020 mendatang. ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/foc.

Biji kopi yang sudah disangrai dihaluskan, lalu ditimbang agar sesuai takaran yang diinginkan.

"Saya belajar menghaluskan kopi, terus menimbang sesuai takaran, dan mengekstrak kopi dengan tekanan dari mesin dan melihat waktu agar tidak terlalu encer," jelasnya.

Bukan hanya belajar menyeduh kopi layaknya barista, Ante juga membawa nampan dengan tiga gelas espresso untuk disuguhkan pada teman-teman nongkrongnya. Ia meminta mereka untuk mencicipi dan menilai hasil racikannya.

"Bagaimana kopinya, enak?", tanya Ante dalam bahasa Indonesia yang belum terlalu fasih seperti dimuat Antara.

Sementara itu, Manager SK Coffee Lab, Adde Septa Enjang mengatakan pihaknya mempersilakan bagi pengunjung yang ingin belajar tentang kopi. Ia dengan senang hati memberikan ilmu tentang kopi, termasuk Ante Bakmaz yang ternyata sangat menyukai kopi.

"Sehari belajar, Ante sudah bisa membuat espresso, dasarnya memang sudah suka kopi, jadi mudah untuk mengajari proses pembuatan espresso," kata Adde.

Untuk menyeduh kopi manual, dirinya belum tahu apakah Ante juga menyukainya. Namun, selama ini Ante lebih menyukai minum kopi espresso.

"Ante lebih suka minum espresso, jadi dia belum mencoba untuk belajar menyeduh kopi manual. Tapi nanti bisa kami ajari menyeduh kopi manual kalau dia mau," tambah Adde.

Penulis: Syaiful Rachman

Terkait

Terkini