Jum'at, 10 April 2020

Ketum PSSI Kurang Puas dengan Venue Piala Dunia U-20 di Jatim, Mengapa?

Stadion-stadion di Jawa Timur belum sepenuhnya siap jadi venue utama maupun venue pendukung Piala Dunia U-20 2021.

Rauhanda Riyantama
cloud_download Baca offline
cover_caption
Ketua Umum PSSI, Mochammad Iriawan (tengah) dan Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria saat sidak di Lapangan Karanggayam, Surabaya, Minggu (9/2/2020). [Suara.com / Arry S]

Bolatimes.com - Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan beserta jajaran PSSI dari Jawa Timur melakukan inspeksi mendadak alias sidak ke empat stadion di wilayah Sidoarjo dan Surabaya, Minggu (9/2/2020).

Stadion-stadion tersebut sendiri memang diproyeksikan menjadi venue utama maupun venue pendukung Piala Dunia U-20 tahun depan yang akan dihelat di Tanah Air.

Sidak dilakukan Iriawan untuk mematangkan persiapan jelang turnamen akbar level usia tersebut digelar.

Sidak dilakukan selama dua hari, yakni pada hari ini dan besok, di sela-sela pembukaan turnamen pramusim Piala Gubernur Jatim 2020.

Sidak hari pertama dilakukan di empat titik, yaitu Stadion Gelora Delta dan Lapangan Jenggolo di Sidoarjo, serta Stadion Gelora 10 November dan Lapangan Karanggayam di Surabaya.

Iriawan mengatakan, sidak dilakukan untuk memantau kesiapan sarana prasarana yang akan digunakan sebagai tempat berlatih tim-tim yang akan berpartisipasi di Piala Dunia U-20 2021.

Hasilnya, pria yang akrab disapa Iwan Bule itu mendapati beberapa hal yang masih harus diperbaiki, seperti ruang ganti pemain, kamar mandi, jacuzzi, serta pagar pembatas yang belum tertutup dengan tembok.

"Empat venue yang kami lihat tadi, baik venue utama atau pendukung, masih perlu direvitalisasi karena masih belum sama semuanya. Ada perbedaan antara kesiapan satu venue dengan yang lain. Tapi, hampir semua sudah siap," papar Iwan Bule saat ditemui Suara.com di Lapangan Karanggayam, Surabaya.

Iwan Bule menyebut, fasilitas penunjang juga harus dilengkapi sesuai standar yang sudah ditentukan, yakni tentunya standar FIFA. 

"Seperti fasilitas jacuzzi, karena standarnya jika stadion penunjang harus memiliki dua tempat jacuzzi. Kalau stadion utama minimal punya empat jacuzzi. Jadi, pemerintah kota atau kabupaten harus mendukung hal ini," tutur Iwan.

Sebagai informasi, setelah sidak di Sidoarjo dan Surabaya, rombongan PSSI Pusat ini akan kembali melakukan sidak di Stadion Gelora Bung Tomo di Surabaya, Stadion Joko Samudro di Gresik, serta Stadion Bangkalan di Madura pada Senin (10/2/2020) esok.

Penulis: Arry Saputra

Terkait

Terkini