Rabu, 08 April 2020

Pelatih Melaka United Bandingkan Fans Persib dengan Suporter Malaysia

Curhat pelatih Melaka United yang sepi suporter kalau menggelar laga uji coba di Malaysia.

Irwan Febri Rialdi
cloud_download Baca offline
cover_caption
Pelatih Kepala Melaka United, Zainal Abidin (kiri); dan Pelatih Kepala Persib Bandung, Robert Rene Alberts, dalam konferensi pers seusai pertandingan uji coba Persib vs Melaka United di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Sabtu (1/2/2020). Persib berhasil menang 3-1 dalam laga ini. [Suara.com / Aminuddin]

Bolatimes.com - Melaka United menelan kekalahan 1-3 kala menghadapi tuan rumah Persib Bandung dalam pertandingan persahabatan di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (1/2/2020) sore.

Pelatih Kepala Melaka, Zainal Abidin mengatakan, anak asuhnya sempat grogi di awal babak pertama. Pasalnya, kata dia, anak asuhnya kaget lantaran banyaknya penonton yang hadir langsung menyaksikan laga Persib vs Melaka United itu.

Alhasil, kata Zainal, Romel Morales dan kawan-kawan pun tak mampu mengembangkan permainannya di awal babak pertama.

"Memang saya melihat juga, pemain-pemain saya sangat terkejut. Di 20 menit pertama mereka mentalnya sedikit jatuh, karena kejutan dari para pendukung Persib yang sangat baik, sorakan yang begitu membangun," beber Zainal seusai laga.

Lebih jauh, Zainal pun mengaku takjub dan berterima kasih kepada Bobotoh --suporter Persib-- yang sudah datang langsung ke stadion. Bobotoh yang hadir dalam laga itu dilaporkan mencapai sekitar 47 ribu.

"Saya terima kasih kepada pendukung yang hadir. Susah bagi kami di Malaysia mendapat 10.000 penonton di laga uji coba persahabatan," jelasnya.

"Jadi, hari ini saya menganggap bukan laga persahabatan, tapi laga seperti kompetisi di liga, yang amat berharga untuk kami bawa pulang, untuk belajar dan memperbaiki pasukan," lanjutnya.

Meski begitu, Zainal sendiri mengaku masih belum puas dengan penampilan anak asuhnya. Khususnya di sektor belakang atau lini pertahanan, yang menurutnya kali ini tampil di bawah performa terbaiknya.

"Ini adalah salah satu pertandingan persahabatan yang bernilai. Juga memberi kami banyak evaluasi yang perlu kami atasi, seperti kelemahan yang perlu kami atasi, terutama pertahanan kami," tukasnya.

Melaka hanya berhasil mencetak satu gol dalam pertandingan itu. Gol Melaka dicetak oleh Jang Sukwon melalui sundulan di menit 63. Sementara itu, ketiga gol Persib masing-masing dicetak Geoffrey Castillion pada menit 32 dan 53, ditambah gol dari Ghozali Siregar di menit 90+4.

Target Tercapai, Robert Rene Alberts Senang dan Puas

Sementara itu di sisi sebaliknya, Pelatih Kepala Persib Bandung, Robert Rene Alberts, mengaku senang dan puas dengan hasil ini, karena target yang diusungnya tercapai.

"Target utama hari ini, yaitu ingin memainkan semua pemain, bisa tercapai. Mereka semua bisa bermain di Bandung. Kami memainkan 24 pemain, dan saya juga ingin melihat formasi berbeda hari ini. Itu juga bagian dari target," beber Robert Alberts seusai pertandingan.

Robert mengatakan, anak asuhnya akhirnya mendapatkan lawan yang setara dalam laga uji coba. Hal ini menurutnya penting bagi para pemain Persib, agar mereka lebih siap menghadapi kompetisi Liga 1 2020.

"Kami juga memainkan laga yang bagus melawan tim yang tangguh seperti Melaka. Itu juga penting. Karena tim kami juga belum ada di level permainan Melaka yang sudah dalam fase akhir pramusim mereka," jelasnya.

Pelatih berpaspor Belanda itu mengaku tak mempermasalahkan skor yang diraih Persib. Menurutnya, yang lebih penting adalah target yang diusung, yakni bisa memainkan banyak pemain dan bisa merasakan atmosfer pertandingan.

"Hasil adalah bonus. Ketika kami bisa menang 3-1, saya rasa ini hasil yang pantas didapat. Senang bisa melihat permainan terutama pada 20 menit awal, karena bagusnya pergerakan pemain ketika menyerang," papar Robert Rene Alberts.

Penulis: Arsito Hidayatullah

Terkait

Terkini