Selasa, 18 Mei 2021

Ini Cara Kalezic Agar PSM Makassar Bisa Kalahkan Becamex di Piala AFC 2019

PSM Makassar harus menang dengan selisih dua gol untuk bisa melaju ke babak berikutnya di ajang Piala AFC 2019.

Galih Priatmojo
cloud_download Baca offline
cover_caption
Pemain PSM Makassar, Marc Klok (tengah) meluapkan kegembiraan seusai mencetak gol ke gawang klub Home United FC melalui tendangan pinalti pada pertandingan fase Grup H Piala AFC 2019 di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat, Selasa (30/4/2019). Pada pertandingan tersebut PSM Makassar menang atas klub asal Singapura Home United FC dengan skor 3-2 sehingga PSM Makassar dipastikan lolos ke babak semifinal. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak)

Bolatimes.com - PSM Makassar akan menghadapi laga penentuan di semifinal Piala AFC 2019 Zona ASEAN kontra Becamex Binh Duong. Skuat Juku Eja punya sekali kesempatan untuk membalas kekalahan pada leg pertama lalu di Stadion Pakansari, Cibinong, Rabu (26/6/2019) sore ini sekaligus untuk memastikan langkah selanjutnya di ajang tersebut. 

PSM Makassar wajib menang dengan selisih dua gol jika ingin lolos ke fase selanjutnya mengingat mereka sebelumnya kalah 0-1 saat leg pertama yang berlangsung di Vietnam.  

Pelatih PSM, Darije Kalezic, meyakinkan bahwa tim besutannya sudah sangat siap untuk laga sore ini. Ia mengaku sudah memiliki cara sendiri untuk bisa mengalahkan Becamex Binh Duong. 

"Saya sudah memberikan gambaran ke pemain terkait apa yang harus mereka lakukan untuk mengalahkan Becamex untuk lolos ke final. Sejauh ini saya senang dengan kinerja dan motivasi tinggi yang diperlihatkan pemain," kata Darije Kalezic pada jumpa pers jelang pertandingan. 

Namun, PSM memiliki masalah di lini depan. Dari dua laga terakhir yang sudah dijalani, lini depan PSM praktis tumpul alias gagal mencetak gol. 

Striker Finlandia, Eero Markkanen yang menjadi andalan PSM seperti kehilangan taringnya. Guy Junior pun setali tiga uang, masih belum bisa berbuat banyak. Sementara Ferdinand Sinaga masih dalam tahapan pemulihan cedera. 

Namun, Kalezic sesumbar sudah tahu apa yang harus ia lakukan dengan tim asuhannya untuk laga nanti. Oleh sebab itu, masalah ketajaman ini diakui bukan menjadi masalah besar. 

"Masalah ini memang jadi problem tersendiri buat PSM. Tapi, saya sudah mengantisipasinya. Saya yakin kami lolos ke final," sesumbar pelatih berusia 49 tahun berkebangsaan Swiss tersebut.

Sementara dari kubu lawan, Pelatih Becamex Binh Duong, Nguyen Thanh Sonh tetap akan memainkan skuat terbaiknya di laga nanti. Baginya, PSM akan sangat berbahaya jika bermain di kandang.

Nguyen Thanh Sonh sendiri yakin tim asuhannya mampu mengimbangi tim tuan rumah. Salah satunya dengan cara menjaga tiga pemain bintang PSM, yakni Guy Junior, Wiljan Pluim dan Eero Markkanen.

"Ketiganya punya potensi menjadi pembeda. Kalau tampil, mereka bisa menyulitkan Becamex. Saya sudah meminta pemain agar mewaspadai pergerakan mereka," ungkap Nguyen Thanh Sonh. 

Keyakinan serupa ditunjukkan Nguyen Tien Linh, pencetak gol tunggal kemenangan Bacamex atas PSM pada leg pertama semifinal lalu. Keyakinannya sangat tinggi bisa mengalahkan PSM. 

"Gol saya pada leg pertama tentu sangat penting buat Becamex. Kemenangan pada pertemuan pertama tentu berpengaruh pada motivasi dan semangat tim," ujar Nguyen Tien Linh.

Prakiraan Susunan Pemain:

PSM Makassar (4-3-3): Rivki Mokodompit; Zulkifli Syukur, Abdul Rahman, Aaron Evans, Beny Wahyudi; Wiljan Pluim, Marc Klok, Rizky Pellu; M. Rahmat, Zulham Zamrun, Eero Markkanen.

Pelatih: Darije Kalezic (Swiss)

Becamex Binh Duong (4-4-2): Tran Duc Cuong; ho Tan Tai, Nguyen Thanh Long, Ali Rabo, Nguyen Thanh Lao; Le Tan Tai, Nguyen Trong Huy, Victor Mansaray, To Van Vu; Nguyen Tien Linh, Wander Luiz.

Pelatih: Nguyen Thanh Son (Vietnam)

Terkait

Terkini