Bolaindonesia

Syarat Calon Pengurus Asprov PSSI DIY, Ada Mahar Rp5-10 Juta

Komite Pemilihan KLB mengumumkan syarat-syarat pengurus Asprov PSSI DIY.

Galih Priatmojo | Irwan Febri Rialdi

Anggota KP KLB Asprov PSSI DIY, Kuncoro Mangkunegoro. (Bolatimes.com/Irwan Febri Rialdi).
Anggota KP KLB Asprov PSSI DIY, Kuncoro Mangkunegoro. (Bolatimes.com/Irwan Febri Rialdi).

Bolatimes.com - Setelah memastikan akan menggelar Kongres Luar Biasa, Asprov PSSI DIY mulai mempersiapkan tahapan untuk menjaring calon bakal guna memilih ketua umum (Ketum) baru. Dalam pemilihan nanti, Komite Pemilihan (KP) selaku pelaksana kongres, akan membuka pendaftaran bagi calon ketum, wakil ketua umum (waketum), sekaligus eksekutif komite (Exco).

Walau pelaksanaan KLB PSSI DIY baru akan digelar pada 24 Maret mendatang, tetapi tahapan awalnya sudah mulai dilaksanakan dengan penjaringan calon ketum, waketum dan exco pada 1-28 Februari 2019.

"Untuk tahapan awal, akan kami mulai pada 1 Februari besok," kata Anggota KP KLB Asprov PSSI DIY, Kuncoro Mangkunegoro, kepada wartawan di Monumen PSSI, Selasa (29/1/2019).

Saat ini, Komite Pemilihan menegaskan tahapan kongres masih sekadar sosialisasi calon pemilihan ketum, waketum, dan exco, sampai tanggal pendaftaran resmi dibuka pada 1 Februari mendatang.

Setelah proses pendaftaran calon ditutup pada 28 Februari mendatang, Komite Pemilihan akan melanjutkan proses ke tahap verifikasi berkas calon ketum, waketum, dan exco. Komite Pemilihan berencana akan memverifikasi pada 1-5 Maret dan sehari setelahnya, hasilnya langsung diumumkan.

"Bagi calon yang tak lolos verifikasi diberikan hak untuk melakukan banding yang prosesnya berlangsung dua hari, 7-8 Maret. Selepas itu, Komisi Banding akan bersidang pada 9-10 Maret dan hasil sidang sekaligus pengumuman calon diumumkan tanggal 11 Maret. Kemudian, tanggal 12-23 Maret, kami gelar sosialisasi calon dan 24 Maret KLB," tuturnya menambahkan.

Ada beberapa syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi calon ketum, waketum, dan exco. Beberapa di antaranya adalah di atas usia 30 tahun, pernah berkecimpung di dunia sepak bola minimal satu sampai tiga tahun, tidak terkena sanksi dari PSSI atau hukum negara, dan tidak terlibat organisasi lain di luar PSSI.

Tidak hanya itu, untuk mengikuti pencalonan pengurus Asprov PSSI DIY nanti, para calon wajib menyertakan dana deposit sebesar Rp 5-10 juta. Dana ini ditegaskan hanya untuk bukti keseriusan dan akan dikembalikan andai gagal dalam pemilihan.

"Penyertaan dana deposit ini kami tujukan untuk melihat keseriusan calon untuk masuk dalam pemilihan ini. Dana ini nantinya akan kami kembalikan kepada calon jika nantinya tidak terpilih," bebernya.

Sementara itu, Kuncoro menambahkan, KLB nanti juga akan melibatkan para pengurus Asprov PSSI DIY yang lama. Rencananya, Ketua Komite Pemilihan, Armando Pribadi, akan bertemu dengan Ketum PSSI DIY Bambang Kuncoro dan seluruh Exco untuk ikut ambil bagian di KLB.

"Tak hanya berpartisipasi, kami juga membuka peluang untuk beliau-beliau mencalonkan diri di KLB ini," tegasnya menutup.

Berita Terkait

Berita Terkini