Selasa, 18 Mei 2021

3 Kemenangan Terbesar Timnas Indonesia vs Filipina, Pernah 13-1

Dalam sejarahnya, Indonesia memiliki catatan keperkasaan atas Filipina.

Stephanus Aranditio | Irwan Febri Rialdi
cloud_download Baca offline
cover_caption
Mantan penyerang Timnas Indonesia di Piala AFF 2008, Budi Sudarsono. (Adek Berry/AFP).

Bolatimes.com - Timnas Indonesia akan menghadapi Filipina pada laga pemungkas Grup B Piala AFF 2018. Jika merujuk pada rekor pertemuan, skuat Garuda sangat berpeluang untuk menang karena seringkali memetik kemenangan, termasuk dengan skor besar.

Menurut catatan 11v11.com, Timnas Indonesia sudah 24 kali bersua dengan Filipina sepanjang sejarah. Hasilnya, skuat Garuda berhasil mengantongi 19 kali kemenangan, tiga kali imbang dan hanya satu kali menelan kekalahan.

Terakhir kali, kedua negara bertemu di ajang Piala AFF 2016. Ketika itu, Indonesia dan Filipina bermain sama kuat dengan skor akhir 2-2. Gol skuat Garuda dicetak oleh Fachrudin Aryanto dan Boaz Solossa, sementara Misagh Bahadoran dan Philip Yunghusband menjadi pencetak gol dari skuat Azkals.

Pemain Timnas Indonesia asal Papua, Boaz Solossa. [suara.com]
Pemain Timnas Indonesia asal Papua, Boaz Solossa. [suara.com]

Setelah dua tahun, Indonesia dan Filipina akan kembali berjumpa pada laga terakhir kedua tim pada fase grup Piala AFF 2018 di Stadion Gelora Bung Karno (SUGBK), Minggu (25/11/201818).

Sebelum menyaksikan pertandingan krusial tersebut, berikut Bolatimes.com merangkum tiga momen kemenangan terbesar Timnas Indonesia atas Filipina sepanjang sejarah di berbagai ajang.

1. Indonesia 9-0 Filipina (Merdeka Tournament 1962)

Kemenangan besar Timnas Indonesia atas Filipina pernah diraih pada ajang Merdeka Tournament atau Merdeka Games edisi 1962 di Malaysia.

Ketika itu, Indonesia yang diperkuat nama-nama seperti Solong hajah dan Hengki Timisela berhasil meluluhlantakan Filipina dengan skor telak 9-0, di mana hasil itu membuat skuat Garuda menjadi juara Grup A dan lolos final.

Pada partai final Merdeka Games 1962, superioritas skuat Merah-Putih tampil superior dengan keluar sebagai juara setelah mengalahkan Pakistan dengan skor tipis 2-1.

2. Indonesia 12-0 Filipina (Piala Presiden 1972)

Kemenangan terbesar Timnas Indonesia atas Filipina selanjutnya yakni terjadi di ajang Piala Presidem 1972. Saat itu, Filipina dikalahkan dengan 12 gol tanpa balas pada penyisihan grup. Iswadi Idris dan Abdul Kadir turut menjadi bintang kemenangan tim. Iswadi Idris mencetak hat-trick, sementara Abdul Kadir melesakkan dua gol.

Sayangnya, Indonesia gagal meraih gelar setelah takluk 1-3 dari Burma di partai final. Satu gol semata wayang skuat Garuda dicetak oleh Risdianto, sedangkan tiga gol Burman diborong oleh Win Maung.

3. Indonesia 13-1 Filipina (Piala Tiger/AFF 2002)

Kemenangan tersebar Indonesia atas Filipina sepanjang sejarah adalah ketika menang 13-1 pada babak penyisihan grup Piala Tiger 2002 atau yang kini dikenal Piala AFF di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, 23 Desember 2002. Kemenangan itu juga menjadi kemenangan terbesar Indonesia di pertandingan internasional.

Skuat Garuda ketika itu memang tampil superior. Bermain di hadapan publik sendiri, tim racikan Ivan Kolev bahkan sudah unggul 7-0 di babak pertama. Memasuki babak kedua, Indonesia berhasil menambah enam gol tambahan ke gawang lawan. Sementara Filipina hanya mampu mencetak satu gol.

Budi Sudarsono/Instagram
Budi Sudarsono/Instagram

 

Pesta kemenangan Timnas Indonesia disumbangkan oleh Bambang Pamungkas dan Zaenal Arief (4 gol), Bejo Sugiantoro (2 gol), Budi Sudarsono, Imran Nahumarury, dan gol bunuh diri pemain Filipina.

Namun, hasil itu kini hanya menjadi sebuah sejarah. Filipina kini tak lagi seperti dulu yang 'culun' di Asia Tenggara. Secara peringkat FIFA saja, skuat Azkals sudah meningkat banyak dengan berada di posisi 116, sementara Indonesia tertinggal jauh di peringkat 160 dunia. Terlebih Filipina kini serius menyambut Piala AFF 2018, mendatangkan pelatih sekaliber Sven-Goran Eriksson menjadi salah satu buktinya.

Terkait

Terkini