Selasa, 18 Mei 2021

Sengaja Kebobolan, Thailand Bantu Timnas Indonesia Lolos Grup B?

Kiper Thailand tampak sengaja membiarkan Timnas Indonesia mencetak gol kedua.

Stephanus Aranditio | Irwan Febri Rialdi
cloud_download Baca offline
cover_caption
Kiper Timnas Thailand, Siwarak Tedsungnoen. (Twitter/@mafiawasit).

Bolatimes.com - Sebuah fakta menarik terjadi ketika Timnas Indonesia menelan kekalahan dari Thailand pada laga ketiga Grup B Piala AFF 2018. Kiper skuat Gajah Putih, Siwarak Tedsungnoen, tampak sengaja membiarkan Indonesia mencetak gol.

Timnas Indonesia memetik kekalahan 2-4 ketika bertandang ke markas Thailand di Stadion Rajamangala, Bangkok, Sabtu (17/11/2018). Sempat unggul lebih dulu lewat gol berkelas dari Zulfiandi di menit ke-29, skuat Merah-Putih dibalas empat gol langsung.

Keempat gol Thailand masing-masing dicetak oleh Korakod Wiriyadomsiri di menit ke-38, Pansa Hemvibbon (45+3'), Adisak Kraisorn (65'), dan Pokklawa Anan (74'). Sementara itu, satu gol hiburan skuat Garuda dicetak oleh Fachrudin Aryanto melalui tandukkan satu menit menjelang pertandingan bubar.

Namun, melalui tayangan video amatir, ada yang aneh dari gol Fachrudin ke gawang Thailand. Jika diperhatikan dengan seksama, bola sundulan pemain asal Madura United itu seharusnya bisa ditepis oleh kiper.

Siwarak Tedsungnoen yang mengawal gawang Thailand tampak menahan jangkauan tangan sehingga bola terlihat sulit dijangkau dan tercipta sebuah gol.

Atas proses gol yang terbilang 'aneh', Thailand seperti terlihat ingin membantu produktivitas gol milik skuat Garuda. Namun, tentu saja kebenaran akan terbukti jika skuat Milovan Rajevac mampu mengalahkan Filipina dan Singapura dengan marjin lebih dari satu gol.

Keadaan itu akan membantu Timnas Indonesia unggul produktivitas gol dari Filipina dan Singapura. Hanya saja, skuat Garuda juga harus memetik kemenangan besar ketika menghadapi Filipina di laga pemungkas Grup B agar bisa lolos ke semifinal Piala AFF 2018.

Skuat Garuda kini berada di peringkat keempat Grup B dengan koleksi tiga poin dari tiga pertandingan serta memiliki selisih gol minus satu. Indonesia berada di bawah Thailand (6 poin), Filipina (6 poin), dan Singapura (3 poin). Namun, ketiga negara tersebut baru memainkan dua laga di Grup B.

Meski peluang terlihat sudah begitu tipis, anak asuh Bima Sakti sejatinya masih berpeluang untuk lolos ke semifinal Piala AFF 2018. Hanya saja ada beberapa hal yang harus terjadi dengan syarat di bawah ini:

3 Syarat Timnas Indonesia Lolos ke Semifinal Piala AFF 2018 

Terkait

Terkini