Minggu, 16 Mei 2021

Alasan Bima Sakti Pasang Awan Setho yang Bobol 4 Kali

Bima Sakti mengaku akan bertanggungjawab.

Dany Garjito | Irwan Febri Rialdi
cloud_download Baca offline
cover_caption
Sejumlah pesepak bola Indonesia meluapkan kekecewaan setelah gawang Indonesia dibobol Thailand dalam laga lanjutan Piala AFF 2018 di Stadion Nasional Rajamangala, Bangkok, Thailand, Sabtu (17/11/2018). Indonesia dikalahkan tuan rumah Thailand dengan skor 4-2. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/kye.

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia, Bima Sakti, membuat keputusan mengejutkan ketika menghadapi Thailand, yakni memasang Awan Setho sebagai penjaga gawang utama. Keputusan itu pun dibayar mahal dengan terkoyaknya gawang skuat Garuda sebanyak empat kali.

Timnas Indonesia memetik kekalahan 2-4 atas Thailand pada laga kedua Grup B Piala AFF 2018 di Stadion Rajamangala, Sabtu (17/11/2018). Dalam kekalahan tersebut, sorotan ada pada sosok Awan Setho yang menjadi penjaga gawang utama.

Bagaimana tidak, penjaga gawang Bhayangkara FC itu kebobolan sebanyak empat kali. Salah satu gol yang menyakitkan yakni gol pertama Thailand pada menit ke-38. Gol yang dicetak Korakod Wiriyadomsiri lahir dari tendangan sudut yang gagal diantisipasi Awan Setho.

Terkiat keputusan memasang Awan Setho daripada Andritany Ardhiyasa yang sudah tampil dalam dua pertadingan awal, Bima Sakti mengaku memiliki pertimbangan tersendiri. Ia pun akan bertanggungjawab atas semua keputusan yang telah dirinya buat.

''Pertimbangannya begini. Semua penjaga gawang kami bagus. Kami lihat Andritany sudah main dua kali, dan lihat perkembangan Awan baik. Saya koordinasi dengan tim pelatih untuk menentukannya. Soal kesalahan Awan saya bertanggung jawab sepenuhnya,'' kata Bima Sakti, dikutip dari Suara.com.

Kekalahan dari Thailand membuat peluang Indonesia untuk lolos ke babak semifinal Piala AFF 2018 terbilang sangat tipis. Nasib Indonesia banyak bergantung pada hasil pertandingan lain, yakni Singapura, Thailand, dan Filipina.

Pasukan Bima Sakti kini berada di peringkat keempat Grup B dengan poin tiga dari tiga pertandingan serta gol minus satu. Indonesia berada di bawah Thailand (6 poin), Filipina (6 poin), dan Singapura (3 poin). Namun, ketiga negara tersebut baru memainkan dua laga di Grup B.

Terkait

Terkini