Minggu, 16 Mei 2021

3 Syarat Timnas Indonesia Lolos ke Semifinal Piala AFF 2018

Timnas Indonesia berharap mendapat bantuan dari Thailand untuk bisa lolos ke semifinal Piala AFF 2018.

Dany Garjito | Irwan Febri Rialdi
cloud_download Baca offline
cover_caption
Timnas Indonesia vs Thailand. (Chalinee Thirasupa/AFP).

Bolatimes.com - Timnas Indonesia tengah dalam kondisi kritis di Piala AFF 2018. Usai menelan kekalahan kontra Thailand, tentu saja peluang skuat Garuda mulai menipis. Namun, masih adakah harapan untuk lolos?

Timnas Indonesia harus tertunduk lesu ketika menghadapi Thailand di Stadion Rajamangala, Sabtu (17/11/2018). Sempat unggul lebih dulu, skuat Garuda akhirnya menutup laga dengan kekalahan 2-4.

Gol-gol Indonesia lahir lewat tendangan jarak jauh Zulfiandi pada menit ke-29 dan sundulan Fachrudin Aryanto satu menit jelang laga berakhir. Sementara Thailand, berhasil mengoyak jala skuat Merah-Putih melalui Korakod Wiriyadomsiri pada menit ke-38, Pansa Hemvibbon (45+3'), Adisak Kraisorn (65'), dan Pokklawa Anan (74').

Kekalahan atas Thailand menjadi hasil memalukan kedua Indonesia di Grup B Piala AFF 2018 setelah Singapura. Selain itu, hasil yang tak diharapkan ini sekaligus menipiskan peluang Stefano Lilipaly dan kolega untuk menatap laga semifinal.

Skuat Garuda kini berada di peringkat keempat Grup B dengan perolehan poin tiga dari tiga pertandingan serta memiliki selisih gol minus satu. Indonesia berada di bawah Thailand (6 poin), Filipina (6 poin), dan Singapura (3 poin). Namun, ketiga negara tersebut baru memainkan dua laga di Grup B.

Meski peluang terlihat sudah begitu tipis, anak asuh Bima Sakti sejatinya masih berpeluang untuk lolos ke semifinal Piala AFF 2018. Hanya saja ada beberapa hal yang harus terjadi, berikut Bolatimes.com merangkum.

1. Wajib menang di laga pemungkas

Indonesia wajib menang pada laga terakhir Grup B, yakni melawan Filipina pada Minggu (25/11/2018) dengan jumlah gol besar. Namun, hasil ini juga belum sepenuhnya menjamin Indonesia melaju ke semifinal.

2. Berharap Thailand bisa mengalahkan Filipina

Jika menang lawan Filipina, poin maksimal Indonesia adalah enam poin dan itu belum cukup. Indonesia harus berharap Thailand mengalahkan Filipina. Dengan demikian, harapan skuat Merah-Putih masih hidup setidaknya hingga laga pamungkas.

Namun, harapan Indonesia untuk lolos ke semifinal bisa saja pupus lebih cepat jika Thailand dan Filipina bermain imbang, Rabu (21/11/2018). Hasil imbang tersebut akan membuat Thailand dan Filipina mengoleksi poin tujuh, jumlah yang tak mungkin lagi dikejar oleh Indonesia dan juga Singapura.

3. Thailand harus mengalahkan Singapura

Singapura berada di posisi ketiga setelah meraih satu kemenangan dan satu kekalahan dari dua penampilan. Namun, The Lions memiliki keunggulan gol yang lebih baik daripada Indonesia.

Pada dua laga sisa, Singapura akan menghadapi Timor Leste dan Thailand. Dengan perkiraan Singapura menang atas Timor Leste, kemudian kalah dari Thailand (yang juga sukses mengalahkan Filipina), dapat terjadi skenario tiga tim sama-sama memiliki enam poin.

Jika kondisi itu terjadi, pemeringkatan tiga tim tersebut (Indonesia, Filipina, dan Singapura) bakal ditentukan melalui hasil pertemuan masing-masing. Alhasil, skuat Garuda wajib menang atas Filipina dengan skor minimal 2-0. Namun, semua ini akan terlihat jelas pada Rabu (21/11/2018).

Terkait

Terkini