Boladunia

Mirip Sergio Aguero, Ini Deretan 3 Pemain Tenar yang Gagal Penalti Panenka

Ada nama Cristiano Ronaldo yang pernah gagal eksekusi tendangan panenka.

Irwan Febri Rialdi | Arif Budi Setyanto

Striker Manchester City, Sergio Aguero, nampak tertunduk lesu usai kalah dari Wolverhampton dalam lanjutan Liga Primer Inggris, Minggu (6/10/2019) malam WIB. (OLI SCARFF / AFP)
Striker Manchester City, Sergio Aguero, nampak tertunduk lesu usai kalah dari Wolverhampton dalam lanjutan Liga Primer Inggris, Minggu (6/10/2019) malam WIB. (OLI SCARFF / AFP)

Bolatimes.com - Striker Manchester City, Sergio Aguero, menjadi sorotan ketika gagal melakukan penalti panenka ke gawang Chelsea dalam lanjutan Liga Inggris, Sabtu (8/5/2021) malam WIB.

Sergio Aguero dinilai jadi biang kerok kegagalan Manchester City meraih kemenangan atas Chelsea. Bagaimana tidak, striker asal Argentina itu membuat peluang emas dari titik 12 pas.

Manchester City sejatinya unggul lebih dulu 1-0 lewat Raheem Sterling. The Citizens punya kesempatan menggandakan keunggulan karena mendapatkan hadiah penalti.

Akan tetapi, Aguero yang menjadi algojo penalti tidak mampu melaksanakan tugasnya dengan baik. Aguero gagal menjebol gawang Chelsea dengan teknik penalti panenka.

Chelsea sendiri akhirnya bisa bangkit dan melakukan comeback. Hakim Ziyech mencetak gol penyeimbang bagi The Blues, kemudian Marcos Alonso mencetak gol kemenangan di menit akhir.

Nah, bicara soal penalti panenka, Aguero bukan pemain bintang pertama yang gagal melakukannya. Setidaknya ada tiga nama yang juga gagal melakukan penalti dengan teknik berkelas ini:

1. Andrea Pirlo

Andrea Pirlo merupakan gelandang yang dikenal eksekutor handal. Bahkan Pirlo juga pernah memperdaya Joe Hart dengan penalti panenka saat Timnas Italia bertemu Inggris.

Akan tetapi, sebelum itu Pirlo juga pernah mengalami kepahitan tendangan panenkanya dihalau dengan mudah oleh kiper lawan. Momen ini terjadi ketika Pirlo masih berseragam AC Milan.

Pada 2010 silam, pada laga persabatan AC Milan melawan Barcelona, pertandingan harus dilanjut ke babak adu penalti karena skor imbang 1-1 di waktu normal. Pirlo melakukan tendangan panenka saat mengeksekusi tendangan penalti, tapi bola dengan mudah ditangkap kiper Barcelona kala itu, Jose Pinto.

2. Francesco Totti

Mantan kapten legendaris AS Roma, Francesco Totti juga pernah mempunyai kenangan buruk ketika melakukan penalti panenka. Momen ini terjadi pada tahun 2004 silam ketika AS Roma menghadapi Empoli.

Totti yang maju sebagai algojo penalti sangat percaya diri melakukan teknik panenka. Akan tetapi, kiper lawan tidak tertipu dan masih berdiri tegak, hingga bisa menangkap bola dengan mudah.

Totti pun langsung emosi karena eksekusi penalti gagal menjebol gawang lawan. Kapten legendaris AS Roma itu bahkan mendorong kiper lawan saking kesalnya.

3. Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo adalah salah satu pemain yang jago ketika menendang penalti. Kendati demikian, Ronaldo juga pernah mengalami kegagalan, termasuk ketika menggunakan teknik panenka.

Insiden ini terjadi pada 2012 saat Real Madrid menghadapi Athletic Bilbao. Real Madrid mendapatkan penalti pada menit ke-10 dan kapten Timnas Portugal maju sebagai penendang.

Dengan peedenya Ronaldo melakukan tendangan panenka. Namun, kiper Athletic Bilbao bisa menghalau bola tendangan Ronaldo menggunakan kakinya. Meski begitu, Ronaldo sendiri membayar kesalahannya itu dengan mencetak satu gol serta Real Madrid menang 3-0 di laga itu.

Berita Terkait

Berita Terkini