Minggu, 16 Mei 2021

Sempat Tertinggal, Manchester United Bantai AS Roma Tanpa Ampun

Sempat tertinggal 1-2, Setan Merah membalikan keadaan untuk menang 6-2

Irwan Febri Rialdi
cloud_download Baca offline
cover_caption
Striker Manchester United, Mason Greenwood, berselebrasi usai menjebol gawang AS Roma di Liga Europa. (Paul Ellis/AFP).

Bolatimes.com - Manchester United menghajar tr=amunya AS Roma tanpa ampun dalam laga leg pertama babak semifinal Liga Europa, Jumat (30/4/2021) dini hari WIB.

Sempat tertinggal 1-2, Setan Merah membalikan keadaan untuk menang 6-2 dalam pertandingan yang berlangsung di Old Trafford, Manchester itu.

United unggul lebih dulu lewat Bruno Fernandes pada menit ke-9, sebelum gawang David de Gea diberondong dua gol oleh Lorenzo Pellegrini dan Edin Dzeko.

Penampilan mengecewakan di babak pertama mampu dibayar tuntas pasukan Ole Gunnar Solskjaer usai jeda.

Mereka berhasil mencetak lima gol untuk membalikan keadaan dan menang 6-2 lewat Edinson Cavani (48', 64'), Fernandes (71'), Paul Pogba (75'), dan Mason Greenwood (86').

Manchester United langsung tampil menggebrak sejak awal laga. Berstatus sebagai tuan rumah, Setan Merah coba menekan pertahanan AS Roma sedari awal.

Pendekatan itu langsung membuahkan hasil pada menit ke-9. Bruno Fernandes sukses menaklukan kiper Pau Lopez lewat gol indah di dalam kotak penalti.

Berawal dari umpan Paul Pogba dari sisi kiri ke Cavani. Sang penyerang Uruguay kemudian memberikan umpan cepat kepada Fernandes ke sisi kiri kotak penalti yang kemudian mencukil bola melewati Lipez yang keluar dari gawangnya.

Selepas gol cepat itu, Manchester United terus menguasai pertandingan. Penguasaan bola dan penciptaan peluang menjadi bukti dominannya The Red Devils.

Namun, keasyikan menyerang membuat lini pertahanan skuad asuhan Ole Gunnar Solskjaer lengah. Mereka mendapat hukuman penalti pada menit ke-13.

Paul Pogba yang tengah menjaga ketat Karsdorp Gallops secara tak sengaja terkena handball setelah coba menghalau umpan sang pemain Roma di sisi kanan kotak penalti.

Lorenzo Pellegrini selaku eksekutor tidak menyia-nyiakan kesempatan itu untuk merobek gawang David De Gea di menit ke-16.

United berkali-kali terus melancarkan serangan, tetapi AS Roma terus mampu mematahkannya, khususnya di aera kanan Setan Merah yang dihuni AS Roma.

Kejutan justru datang dari kubu Roma yang tengah tertekan. Mereka mampu berbalik unggul pada menit ke-33 lewat gol yang dicetak Edin Dzeko.

Eks pemain Manchester City itu mencetak gol lewat sepakan terukur setelah menerima umpan silang Spinazzola dari sisi kiri kotak penalti.

Usai jeda, pasukan Ole Gunnar Solskjaer terus bermain intensif. Pressing ketat diterapkan sejak AS Roma menguasai bola di pertahanannya sendiri.

Alhasil, cuma butuh tiga menit sejak kick-off babak kedua untuk Manchester United menyamakan kedudukan lewat gol yang dicetak Edinson Cavani.

Cavani membantu MU menyamakan kedudukan 2-2 dengan penyelesaian akhir brilian usai memanfaatkan umpan Bruno Fernandes dari sisi kanan kotak penalti.

Gol itu seakan jadi lecutan semangat luar biasa bagi Setan Merah. Serangan-serangan AS Roma mampu dipatahkan dai dikonversi menjadi serangan balik mematikan.

Manchester United bahkan mampu berbalik unggul 3-2 pada menit ke-64. Edinson Cavani lagi-lagi menjadi aktor gol The Red Devils ini.

Gol itu berawal dari upaya Wan-Bissaka dari sisi kiri pertahanan Roma. Umpan silangnya mampu disambar Cavani dengan tembakan yang gagal di bendung Pau Lopez.

Mimpi buruk seakan belum berhenti menaungi AS Roma. Pada menit ke-69, wasit menunjuk titik putih untuk Manchester United setelah Chris Smalling dianggap melanggar Cavani di kotak penalti.

Dalam tayangan ulang, Cavani yang gagal menyambar umpan Rashford di depan kotak penalti, mendapat tekel dari Smalling yang merupakan eks bek Setan Merah.

Bruno Fernandes selaku eksekutor tak menyia-nyiakan kesempatan itu untuk membawa Manchester United unggul 4-2 lewat tendangan keras ke kiri atas gawang.

AS Roma benar-benar tak berdaya di babak kedua. Mental mereka terlihat hancur lebur setelah tertinggal 2-4, di mana gawang mereka kembali bobol pada menit ke-75.

Manchester United semakin jauh unggul lewat aksi Paul Pogba. Memanfaatkan umpan Bruno Fernandes dari sisi kanan, gelandang asal Prancis itu mengonversinya dengan sundulan terarah yang menggetarkan gawang Roma.

Unggul 5-2 nyatanya tidak membuat Manchester United menurunkan intensitas serangan. Setan Merah menambah derita AS Roma pada menit 86 lewat wonderkid Mason Greenwood.

Susunan Pemain

MANCHESTER UNITED (4-2-3-1): David de Gea; Aaron Wan-Bissaka, Victor Lindelof, Harry Maguire (c), Luke Shaw; Scott McTominay, Fred; Marcus Rashford, Bruno Fernandes, Paul Pogba; Edinson Cavani.

Cadangan: Juan Mata, Eric Bailly, Axel Tuanzebe, Dean Henderson, Mason Greenwood, Lee Grant, Alex Telles, Daniel James, Amad Diallo Traore, Donny van de Beek, Nemanja Matic, Brandon Williams.

ROMA (3-4-3): Pau Lopez; Chris Smalling, Bryan Cristante, Ibanez; Rick Karsdorp, Amadou Diawara, Jordan Veretout, Leonardo Spinazzola; Lorenzo Pellegrini (c), Edin Dzeko, Henrikh Mkhitaryan.

Cadangan: Marash Kumbulla, Gonzalo Villar, Riccardo Ciervo, Davide Santon, Carles Perez, Borja Mayoral, Ebrima Darboe, Antonio Mirante, Bruno Peres, Daniel Fuzato.

Terkait

Terkini