Minggu, 16 Mei 2021

Gelandang Lechia Gdansk Senang Bisa Puasa Ramadhan Bareng Egy Maulana Vikri

Egy Maulana Vikri dan Imran Haydary adalah dua pemain muslim di Lechia Gdansk.

Rauhanda Riyantama | Arif Budi Setyanto
cloud_download Baca offline
cover_caption
Penyerang Lechia Gdansk, Egy Maulana Vikri. (Dok. dziennikbaltycki.pl).

Bolatimes.com - Sosok Egy Maulana Vikri ternyata membuat gelandang Lechia Gdansk, Omran Haydary, senang karena punya teman untuk berpuasa di bulan Ramadhan

Omran Haydary merasakan puasa Ramadhan untuk kedua kalinya bersama Lechia Gdansk di Polandia. Tentu puasa tahun ini dan kemarin sangat berbeda.

Jika tahun kemarin Ramadhan bertepatan dengan naiknya kasus virus Corona dan pesepak bola harus karantina. Nah, sekarang, kompetisi sudah kembali berjalan normal dan tentu puasa terasa lebih berat karena harus latihan dan bertanding.

Pemain Timnas Afghanistan itu mengatakan bahwa dirinya senang berpuasa di Lechia Gdansk karena rekan satu timnya mempunyai rasa hormat yang tinggi. Apalagi Haydary punya rekan muslim, yakni pemain asal Indonesia Egy Maulana Vikri.

Rekan Egy Maulana Vikri di Lechia Gdansk, Omran Haydary. (Instagram/omrann7)
Rekan Egy Maulana Vikri di Lechia Gdansk, Omran Haydary. (Instagram/omrann7)

"Saya senang Lechia menghormati keadaan ini (puasa) dan tidak mengganggu saya melangsungkan Ramadhan dengan cara apapun. Sekarang ada dua yang melakukan puasa, karena Egy Maulana Vikri juga muslim," ucapnya pada Trojmiasto dikutip pada Selasa (20/4/2021).

"Pelatih memahami dan mendukung kami, seperti rekan satu timnya. Kami punya banyak pemain dengan keyakinan yang berbeda di ruang ganti dan kami semua saling menghormati. Selama karier saya, saya tidak pernah mengalami ketidaknyamanan dalam mengamalkan agama saya," imbuhnya.

Kendati demikian, Haydary mengakui bahwa terkadang memang dirinya tidak melakukan puasa Ramadhan ketika dirinya bermain bersama Lechia Gdansk.

"Saya religius, tidak minum alkohol, merokok, dan puasa selama bulan Ramadhan. Saya bangun pukul 3.30 pagi untuk sahur dan menunggu matahari terbenam (buka) pukul 8 malam. Namun, ada beberapa pengecualian saat bepergia, orang sakit atau hamil."

"Sebagai atlet saya juga kadang menunda puasa. Misal saat ada pertandingan. Hukumnya pada dasarnya kamu bisa membayar hutang puasa di waktu berbeda," jelasnya.

Sementara itu, Lechia Gdansk saat ini berada di urutan ke-5 Liga Polandia dengan raihan 38 poin dari 25 pertandingan yang sudah dilakoni.

Terkait

Terkini