Minggu, 25 Oktober 2020

Gagal Bawa Barcelona Juara La Liga, Posisi Quique Setien Dipastikan Aman

Setien masih jadi pelatih Barcelona musim depan.

Rauhanda Riyantama
cloud_download Baca offline
cover_caption
Quique Setien saat mendampingi Barcelona melawan Napoli di Liga Champions. (CARLO HERMANN / AFP)

Bolatimes.com - Dominasi Barcelona di La Liga Spanyol sejak musim 2017/18 berakhir di musim 2019/20. Lionel Messi cs gagal mempertahankan mahkota juara musim ini setelah kalah bersaing dengan rival abadi mereka, Real Madrid.

Kegagalan Barcelona mempertahankan gelar La Liga tidak lepas dari kemelut dan masalah yang melanda klub raksasa itu. Di antaranya pemecatan pelatih Ernesto Valverde, yang sukses membawa Barcelona juara La Liga di dua musim sebelumnya, dan penunjukkan Quique Setien sebagai juru taktik.

Ketika Setien ditunjuk menggantikan Valverde, banyak pihak menilai Barcelona melakukan blunder. Kini, prediksi banyak orang tersebut terbukti. Barcelona bukan lagi tim terkuat di Negeri Matador.

Namun demikian, Setien dipastikan tetap akan memimpin Barcelona mengarungi lanjutan Liga Champions musim ini. Hal itu diungkapkan Presiden klub Josep Maria Bartomeu.

Presiden klub Barcelona Josep Maria Bartomeu. LLUIS GENE / AFP
Presiden klub Barcelona Josep Maria Bartomeu. LLUIS GENE / AFP

"Dia (Setien) punya kontrak," tegas Bartomeu.

"Ketika kami menunjuknya, kami menjelaskan jika ini adalah lanjutan proyek musim 2019/20 dan musim berikutnya," sambungnya seperti dimuat Marca, Senin (3/8/2020).

"Mengevaluasi kinerja pelatih yang baru bekerja selama beberapa bulan tentu sulit. Apalagi di tengah pandemi seperti sekarang."

Dua pemain Napoli nampak mengepung pergerakan bintang Barcelona, Lionel Messi. (FILIPPO MONTEFORTE / AFP)
Dua pemain Napoli nampak mengepung pergerakan bintang Barcelona, Lionel Messi. (FILIPPO MONTEFORTE / AFP)

Barcelona akan menghadapi Napoli di leg kedua babak 16 besar Liga Champions. Laga tersebut akan digelar di Camp Nou, 9 Agustus mendatang.

Meski kedudukan kedua tim saat ini sama kuat setelah bermain imbang 1-1 di leg pertama yang digelar di Naples, Italia, pada 26 Februari, Barcelona yang berhasil mencuri gol tandang sedikit lebih diuntungkan di leg kedua ini. Karena tim besutan Setien hanya membutuhkan hasil imbang 0-0 untuk melaju ke babak perempat final.

Terkait

Terkini