Jum'at, 27 November 2020

Jamie Vardy, Pemain Tertua yang Memenangi Gelar Sepatu Emas

Vardy di Liga Inggris musim ini mencetak 23 gol.

Rauhanda Riyantama
cloud_download Baca offline
cover_caption
Striker Leicester City, Jamie Vardy dengan trofi Sepatu Emas usai jadi top skor Liga Inggris 2019/2020. [Laman resmi Leicester City]

Bolatimes.com - Penyerang Leicester City, Jamie Vardy, baru saja bikin rekor individu. Bomber gaek 33 tahun itu menjadi top skor Liga Inggris musim 2019/2020.

Leicester harus puas finis di peringkat kelima klasemen dan hanya meraih tiket ke Liga Europa musim depan, usai tumbang 0-2 saat menjamu Manchester United pada laga hidup mati pekan pamungkas Liga Inggris di King Power Stadium, Minggu (26/7/2020) malam WIB.

Meski gagal membawa Leicester finis top four dan juga gagal mencetak gol di laga semalam, Vardy tetap sukses menyabet trofi individual bergengsi Sepatu Emas alias menggondol gelar Top Skor Liga Inggris 2019/2020.

Penyerang berusia 33 tahun itu memuncaki daftar top skor dengan torehan 23 gol, mengungguli striker Arsenal Pierre Emerick-Aubameyang serta attacker Southampton Danny Ings yang sama-sama mencatak 22 gol.

Yang menarik, Vardy juga mencatatkan rekor sebagai pemain tertua yang berhasil menyabet trofi Sepatu Emas sepanjang sejarah Liga Inggris, khususnya di era Premier League.

Pemilik 26 caps dan tujuh gol bersama Timnas Inggris itu mematahkan rekor yang sebelumnya dipegang Didier Drogba kala memenangi gelar Top Skor Liga Inggris musim 2009/2010 silam.

Kala itu, Drogba yang total mencetak 29 gol sepanjang musim berusia 32 tahun.

Well, jadi top skor tertua di Liga Inggris, Vardy sendiri menyebut jika usia sama sekali tak ada artinya dalam sepakbola.

"Saya tentu senang dengan raihan individual ini, namun yang terpenting itu tetap tim. Kami tentu kecewa karena gagal finis empat besar," tutur Vardy seperti dimuat BBC Sport.

"Untuk gelar top skor ini, saya kira usia memang tak ada artinya dalam olahraga ini. Saya yakin Anda pernah mendengar pernyataan ini sebelumnya dari orang lain. Saya pikir memang benar begitu," sambungnya.

"Saya tidak merasakan usia saya saat ini. Kaki saya juga baik-baik saja, saya tidak mengalami banyak cedera. Tapi, yang terpenting adalah menjaga performa ini dan menunjukkannya kembali musim depan," tukas pesepakbola yang juga pernah merumput di kompetisi Non-Liga Inggris (kompetisi amatir) itu.

Daftar Top Skor Liga Inggris 2019/2020 (15 gol atau lebih):

23 - Jamie Vardy (Leicester City)

22 - Pierre-Emerick Aubameyang (Arsenal)

22 - Danny Ings (Southampton)

20 - Raheem Sterling (Manchester City)

19 - Mohamed Salah (Liverpool)

18 - Sadio Mane (Liverpool)

18 - Harry Kane (Tottenham Hotspur)

17 - Raul Jimenez (Wolves)

17 - Marcus Rashford (Manchester United)

17 - Anthony Martial (Manchester United)

16 - Sergio Aguero (Manchester City)

15 - Tammy Abraham (Chelsea)

Terkait

Terkini