Rabu, 23 September 2020

Sejarah Lahirnya Tendangan Penalti Panenka, Begini Ceritanya

Panenka diambil dari nama pemain Antonin Panenka.

Rauhanda Riyantama
cloud_download Baca offline
cover_caption
Antonin Panenka saat pertama kali memperkenalkan tendangan penalti Panenka. (Twitter/@ArndTheGrnds)

Bolatimes.com - Tendangan penalti khas bernama Panenka mungkin sudah tak asing lagi bagi pecinta sepak bola. Namun tahukah kapan pertama kali sepakan ikonik tersebut digagas?

Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, ada kisah menarik di balik lahirnya tendangan penalti Panenka. Mengutip dari berbagai sumber, sepakan tersebut pertama kali digagas pada partai final Piala Eropa 1976 di Yugoslavia.

Adalah pemain Timnas Cekoslowakia bernama Antonin Panenka yang pertama kali melakukan sepakan tersebut. Kala menghadapi Jerman Barat, ia dengan sengaja melakukan sepakan dengan cara mencungkil bola hingga melambung masuk ke dalam gawang lawan.

Pada laga final yang digelar 20 Juni 1976 itu, kedua tim harus bermain hingga babak adu penalti setelah hanya bermain imbang 2-2 di waktu normal. Pada babak tos-tosan, empat pemain Cekoslowakia sukses mencetak seluruh gol, sementara Jerman Barat hanya mampu mencetak tiga gol.

Alhasil, Cekoslowakia unggul dengan skor 4-3 atas Jerman Barat. Antonin Panenka pun maju sebagai penendang terakhir timnya, dan akhirnya sukses mengeksekusi bola dengan cara mencungkil sehingga mengecoh kiper Jerman Barat yang kala itu dikawal oleh Sepp Maier.

Cekoslowakia akhirnya keluar sebagai juara Piala Eropa 1976. Tim besutan Vaclav Jezek kala itu menang dengan skor 5-3 atas Jerman Barat lewat babak adu penalti.

Antonin Panenka sendiri akhirnya dikenang sebagai pahlawan kemenangan Cekoslowakia. Eksekusi penalti tersebut kemudian populer, sehingga orang-orang menjulukinya sebagai tendangan penalti Panenka.

Dalam sebuah kesempatan wawancana, Antonin Panenka mengaku bahwa sepakan tersebut merupakan hasil berlatih dengan rekan setimnya yaitu Zdenek Hruska. Kala itu keduanya sama-sama bermain di klub Bohemians Prague.

''Saya mengasumsikan bahawa lebih mudah berpura-pura menembak bola, kemudian mencungkil bola ke tengah gawang. Saya sudah melakukannya saat berlatih dan terbukti berhasil,'' ujar Antonin Panenka.

''Saya juga sadar bahwa kiper selalu menunggu ke mana arah bola akan pergi. Akhirnya kiper akan mengejar bola dan berhasil menjangkaunya tepat sasaran,'' imbuhnya.

Sementara itu, tendangan penalti Panenka kini makin populer. Sejumlah pesepak bola seperti Zinedine Zidane, Andrea Pirlo, Lionel Messi, hingga Francesco Totti pernah mengeksekusi penalti dengan sepakan serupa.

Terkait

Terkini