Minggu, 20 September 2020

Kapten Watford Sebut Klub di Liga Inggris Punya Pemain Gay

Namun tak banyak yang berani mengakui jati dirinya.

Rauhanda Riyantama
cloud_download Baca offline
cover_caption
Pemain Watford, Troy Deeney diadang pemain Manchester United, Chris Smalling (AFP)

Bolatimes.com - Pernyataan kontroversial dilontarkan oleh kapten Watford, Troy Deeney. Ia menyebut bahwa setiap klub, khususnya di Liga Primer Inggris, memiliki setidaknya satu pemain gay alias homoseksual.

Kendati demikian, Deeney menyebut bahwa tak banyak pemain yang berani mengungkap jati dirinya. Sebab isu LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender) masih menjadi hal tabu di dunia sepak bola.

Salah satu penyebabnya adalah soal pandangan masyarakat jika pemain mengungkapkan orientasi seksualnya ke publik. Meski isu tersebut sudah banyak digaungkan di kawasan Eropa.

''Saya akan mengatakannya dengan lantang bahwa kemungkinan ada satu pemain gay atau biseksual di setiap tim sepak bola. Mereka ada di sana. 100 persen ada di sana,'' ujar Deeney, dikutip dari BBC Sport.

''Saya rasa setiap orang atau komunitas akan khawatir jika dia jadi yang pertama jujur soal gay. Saya rasa akan banyak pengakuan ketika yang berani memulainya,'' imbuhnya.

''Jika ia keluar dan mengatakannya, saya percaya pada minggu pertama akan ada 100 orang lain yang juga akan mengakuinya,'' tandas pemain 31 tahun itu.

Hingga saat ini, tak banyak pesepak bola yang berani buka-bukaan mengenai jati dirinya sebagai gay. Namun salah satu kasus yang cukup paling diingat kala pemain bernama Thomas Hitzlsperger mengakui bahwa dirinya gay.

Pengakuan tersebut dilakukan Hitzlsperger pada 2013 setelah memutuskan gantung sepatu. Pemain yang pernah membela Aston Villa, West Ham United, dan Everton bahkan sudah tak sungkan-sungkan lagi tampil di publik.

Terkait

Terkini