Jum'at, 18 September 2020

Han Kwang-song, 'Anak' Kim Jong Un yang Juga Eks Pemain Juventus

Han Kwang-song sempat menjadi pemain Juventus usai dipermanenkan dari Cagliari pada Januari 2020.

Rauhanda Riyantama
cloud_download Baca offline
cover_caption
Han Kwang-song saat menandatangani kontrak bersama Juventus. (Dok. Juventus)

Bolatimes.com - Di tengah kabar miring meninggalnya Kim Jong Un, terkuak pula isu-isu soal kehidupan pribadinya. Salah satu yang cukup mengemparkan adalah memiliki seorang anak yang merupakan pesepak bola profesional.

Namun bukan anak dalam artian sesungguhnya. Melainkan seorang pemuda bernama Han Kwang-song yang sudah menganggap Kim Jong Un sebagai figur ayah karena kedudukannya sebagai pemimpin tertinggi di Korea Utara.

Merujuk laporan The Sun, Han Kwang-song adalah pesepak bola yang dulunya sempat berseragam Juventus. Bahkan, ia dinobatkan sebagai pemain pertama asal Korea Utara yang merumput di Serie A Italia.

Sebelum membela Juventus, perjalanan karier Han Kwang-song tidaklah mudah. Bermula tampil apik di Piala Dunia U-17 2015 di Chile sehingga membuat seorang pejabat Italia, Antonio Razzi, tertarik mempromosikan pemain 21 tahun ke negaranya.

Razzi, yang memiliki hubungan dekat dengan Kim Jong-un langsung mengajak Han Kwang-song membela Cagliari pada 2017. Dalam prosesnya ia sukses tampil impresif sehingga langsung diganjar kontrak hingga 2022 oleh klub tersebut.

Han Kwang-song saat masih berkostum Cagliari. (Twitter/@romeoagresti)
Han Kwang-song saat masih berkostum Cagliari. (Twitter/@romeoagresti)

Tepat pada 2 April 2017, Han Kwang-song mencatatkan debutnya bersama Cagliari di Serie A Italia. Tampil dari bangku cadangan pada menit ke-86, ia sukses mengatarkan timnya menang dengan skor 3-1 atas tuan rumah Palermo .

Han Kwang-song kemudian berhasil mencetak gol perdananya saat menjamu Torino. Gol tersebut sekaligus menjadikannya sebagai pemain Korea Utara pertama yang mencetak gol di Serie A Italia.

Namun demi mendapat menit bermain, Han Kwang-song lantas dipinjamkan ke klub Serie B, Perugia di musim yang sama. Debutnya pun dimulai dengan apik, ia sukses mencetak hattrick saat melumat Virtus Entella 5-1.

Bakat Han Kwang-song pun tercium oleh Juventus. Mulanya pemain jebolan akademi Barcelona itu lebih dulu dipinjam pada September 2019 sampai akhirnya dipermanenkan pada Januari 2020.

Bersama Juventus, Han Kwang-song nyaris memulai debutnya di tim senior saat melawan Lecce, Sabtu (26/10/19) malam. Ia bahkan turut disertakan Maurizio Sarri dalam daftar pemain cadangan bersama Paulo Dybala, Juan Cuadrado, Gonzalo Higuain, Federico Bernardeschi, dan Marco Olivieri.

Namun sayang, ia tak pernah benar-benar merasakan debut di tim senior Juventus. Han Kwang-song gagal menunjukkan performa apik, sehingga akhirnya kini dijual ke klub Qatar, Al-Duhail.

Sementara itu, hubungan Han Kwang-song dan Kim Jong Un disinyalir hanya sebagai bagian proyek besar membangun sepak bola Korea Utara. Kim Jong Un bahkan ikut campur dalam urusan karier sang pesepak bola.

Termasuk perihal penentuan klub yang hendak diperkuat. Padahal Han Kwang-song sempat dilirik tim seperti Arsenal, Liverpool, dan Everton, tapi semuanya gagal terwujud karena pemerintah Korea Utara tak memiliki hubungan baik dengan Inggris.

Terkait

Terkini