Senin, 25 Mei 2020

Crystal Palace Klaim Jadi Klub Profesional Tertua di Dunia, Begini Faktanya

Berdasarkan penelitian menyatakan Crystal Palace memiliki keterkaitan dengan tim yang terbentuk pada 1861 silam.

Rauhanda Riyantama
cloud_download Baca offline
cover_caption
Para pemain Crystal Palace. (DANIEL LEAL-OLIVAS / AFP)

Bolatimes.com - Klub Liga Primer Inggris, Crystal Palace, mengklaim status sebagai tim sepak bola profesional tertua di dunia. Ini berdasarkan temuan baru penelitian yang menyatakan mereka memiliki keterkaitan dengan tim yang terbentuk pada tahun 1861 silam.

Sheffield FC (beda dengan Sheffield United dan Sheffield Wednesday) hingga saat ini diakui FA sebagai tim sepak bola amatir tertua di dunia. Klub tersebut didirikan pada 24 Oktober 1857 silam.

Sedangkan untuk tim profesional, status klub tertua hingga saat ini disandang oleh Notts County yang berdiri pada November 1862. Crystal Palace sendiri diketahui secara umum didirikan pada 1905.

Akan tetapi, hasil penelitian yang dituangkan dalam buku terbaru Peter Manning bertajuk "Palace at The Palace: A History of the Crystal Palace and It's Football Club 1851-1915" menyatakan bahwa Crystal Palace sebenarnya didirikan pada 1861 silam, serta memainkan pertandingan pertama mereka pada Maret 1862.

Pihak klub Crystal Palace sendiri bahkan melakukan sebuah wawancara khusus dengan Manning, yang diunggah di saluran YouTube The Eagles, Rabu (22/4/2020), untuk menjabarkan temuan baru tersebut.

Disebutkan, pada 1852 silam perusahaan baja dan kaca, Crystal Palace Company didirikan. Perusahaan itu lantas membuka lapangan kriket lima tahun kemudian yang sekaligus mendirikan klub Crystal Palace.

Tradisi Inggris era Victorian mencatat bahwa atlet kriket biasanya bermain sepakbola pada musim dingin untuk menjaga kebugaran mereka, dan efeknya pada 1861 klub Crystal Palace mendirikan cabang sendiri untuk olahraga sepakbola.

Klub sepakbola Crystal Palace dilaporkan memainkan pertandingan pertamanya pada 15 Maret 1862.

Setahun berselang ketika FA didirikan, salah satu atlet kriket Crystal Palace, Frank Day, menghadiri rapat perdana badan sepakbola Inggris tersebut.

Lantas ketika Piala FA (turnamen sepakbola tertua di dunia) edisi perdana dilangsungkan pada musim 1871/1872, Crystal Palace ambil bagian di dalamnya dan mencapai babak semifinal.

Akan tetapi, klub Crystal Palace tersebut kemudian berhenti tampil di pertandingan resmi sepakbola.

Menurut analisis Manning, laga sepakbola telah merusak kondisi permukaan lapangan yang lebih diperuntukkan guna memainkan kriket. Jadilah, klub sepakbola Crsytal Palace vakum.

Sepakbola kembali dimainkan klub Crystal Palace pada 1894 setelah Henry Gillman mengarahkan dewan direksi perusahaan untuk membangun stadion di area mereka, dan kemudian sedikitnya 20 partai final Piala FA dimainkan di stadion tersebut pada medio 1895-1914.

Nahm akhirnya pada 1905, perusahaan mendirikan klub profesional Crystal Palace yang 1.700 lembar sahamnya dibeli oleh perusahaan Crystal Palace Company, atau dalam kata lain perusahaan itu memegang hak milik klub yang mereka dirikan pada 1861.

Menanggapi temuan terbaru Manning tersebut, Chairman Crystal Palace, Steve Parish sendiri mengapresiasinya sebagai bukti atas klaim mereka sebagai klub profesional tertua di dunia.

"Sebagai suporter Crystal Palace seumur hidup, luar biasa rasanya kami akhirnya memiliki klaim sah sebagai klub profesional di dunia yang masih aktif. Bahwa kami hadir di rapat pertama FA dan sejarah kami berakar pada klub kriket era Victorian pada 1861," kata Parish di laman resmi Crystal Palace.

"Saya berterima kasih kepada Peter Manning atas kerja kerasnya meneliti sejarah pasti klub ini. Ini kisah luar biasa dan saya harap suporter bisa menikmatinya saat kami angkat ke film ini," tukasnya merujuk pada tayangan berdurasi 17 menit 39 detik yang diunggah di saluran YouTube Crystal Palace.

Terkait

Terkini