Selasa, 02 Juni 2020

Tak Ingin Stadion Sepi Penonton, UEFA Akhirnya Tunda Piala Eropa 2020

Jika dipaksakan, stadion pun diyakini bakal kosong kareng suporter sedang mengisolasi diri di rumah akibat virus corona.

Rauhanda Riyantama
cloud_download Baca offline
cover_caption
Aksi para pemain Belanda saat menghadapi Estonia pada pertandingan Grup C Kualifikasi Piala Eropa 2020. (RAIGO PAJULA / AFP)

Bolatimes.com - Piala Eropa 2020 akhirnya resmi ditunda hingga tahun depan. Keputusan tersebut diambil demi mengurangi penyebaran virus corona yang kini tengah menjadi momok manakutkan.

Alih-alih dipaksakan, Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA) tak ingin hajatannya ini sepi penonton. Sebab Piala Eropa edisi kali ini begitu spesial, yakni bertepatan dengan ulang tahun yang ke-60.

''Sepak bola adalah semangat dan kekuatan yang luar biasa. Merayakan pertandingan sepak bola Eropa di stadion yang kosong tak akan memberikan kebahagiaan,'' ujar Presiden UEFA, Aleksander Ceferin, dilansir dari laman resminya.

''Apalagi harus melihat para suporter hanya duduk menonton pertandingan di rumah sambil mengisolaso diri, sungguh tak dapat diterima,'' tuturnya menambahkan.

''Tahun ini juga begitu spesial sebab akan merayakan ulang tahun Piala Eropa yang ke-60,'' tandasnya.

Penundaan Piala Eropa 2020 sendiri sebenarnya sudah bisa diprediksi sejak awal. Pasalnya, UEFA dilaporkan sudah membatalkan pesanan hotel di salah satu kota penyelenggara, yakni di Kopenhagen, Denmark.

Hotel seperti DGI-Byen bahkan mengkonfirmasi UEFA sudah membatalkan pemesanan kamar sejak lebih dari sepekan yang lalu. Selain itu ada hotel Marinelyst yang biasanya dipakai sebagai tempat menginap Timnas Denmark juga mengkonfirmasi pembatalan serupa.

Sementara itu, Piala Eropa yang  sedianya digelar dari 12 Juni-12 Juli tahun ini di 12 tempat di seluruh Eropa, sekarang akan diundur menjadi 11 Juni - 11 Juli tahun depan.

Terkait

Terkini