Selasa, 26 Mei 2020

UEFA Berharap Kompetisi di Eropa Selesai pada 30 Juni

Sejumlah liga di Eropa kini mandek di tengah jalan akibat merebaknya virus corona.

Rauhanda Riyantama
cloud_download Baca offline
cover_caption
Gelandang muda Chelsea, Billy Gilmour, dalam pertandingan melawan Liverpool. (Daniel Leal-Olivas/AFP).

Bolatimes.com - Federasi Sepakbola Eropa (UEFA) ingin kompetisi musim 2019/2020 bisa rampung pada 30 Juni mendatang. Terkait keinginan tersebut, pihak UEFA juga sudah berkoordinasi dengan klub-klub Benua Biru.

Usai rapat antara UEFA dan petinggi klub-klub via konferensi video pada Selasa (17/3/2020) malam WIB, telah diputuskan bahwa Piala Eropa 2020 ditunda selama setahun akibat dampak pandemi Virus Corona.

Keputusan ini diambil tentunya agar kompetisi-kompetisi domestik Eropa maupun Liga Champions dan Liga Europa musim 2019/2020 bisa tetap diselesaikan, alih-alih dihentikan atau dibatalkan imbas dari penyebaran COVID-19 yang kian tak terkontrol ini.  

Seperti diketahui, liga-liga domestik Eropa macam Liga Primer Inggris, La Liga Spanyol, serta Serie A memang tengah ditangguhkan sementara saat ini. Rata-rata setidaknya sampai awal April nanti, sebagai bagian dari upaya membendung penyebaran Corona.

Pekan lalu, UEFA juga memutuskan untuk menunda Liga Champions dan Liga Europa. Yang mana kedua kompetisi antarklub Eropa tersebut tengah memasuki babak 16 besar.

Apa pun itu, UEFA dan sederet klub berkomitmen agar musim 2019/2020 ini bisa tetap dirampungkan.

"Komitmen untuk menyelesaikan semua kompetisi klub domestik maupun Eropa pada akhir musim 2019/2020, paling lambat 30 Juni 2020. Tentu jika situasinya (pandemi Corona) membaik," demikian penyataan UEFA di laman resmi mereka.

Pernyataan tersebut juga menjelaskan fleksibilitas dalam hal penjadwalan pertandingan domestik di tengah pekan dan pertandingan kompetisi klub UEFA di akhir pekan, serta menambahkan "kemungkinan pertandingan" babak kualifikasi Liga Champions musim 2020/2021 dan Liga Europa bila target tutup buku kampanye 2019/2020 pada 30 Juni tidak terpenuhi.

Laporan sebelumnya menyebutkan bahwa final Liga Europa dan Liga Champions musim ini kemungkinan bisa digelar pada 24 dan 27 Juni 2020 mendatang.

Terkait

Terkini