Minggu, 05 Juli 2020

Manchester City Hancurkan Manchester United di Old Trafford

Asa Manchester United untuk lolos ke final menjadi sangat berat.

Irwan Febri Rialdi
cloud_download Baca offline
cover_caption
Selebrasi Kevin De Bruyne usai menjebol gawang Manchester United. (Paul Ellis/AFP).

Bolatimes.com - Manchester United dibuat bertekuk lutut saat menjamu Manchester City dalam Derbi Manchester terbaru yang digelar di Old Trafford.

Manchester United menyerah 1-3 dari sang rival sekota dalam laga leg pertama semifinal Piala Liga Inggris 2019/2020, Rabu (8/1/2020) dini hari WIB, yang membuat asa The Red Devils --julukan Man United-- untuk lolos ke final menjadi sangat berat.

Tiga gol Man City semuanya terjadi pada babak pertama yang membuat mereka sudah unggul 3-0 saat half-time.

Gol-gol tim tamu dibukukan Bernardo Silva pada menit ke-17, Riyad Mahrez (33') dan gol bunuh diri Andreas Pereira (38').

Sementara itu, Man United hanya bisa membalas sekali lewat Marcus Rashford pada menit ke-70, yang tak lebih dari sekadar gol konsolasi.

Meski bermain tandang dan dibayangi kekalahan memalukan 1-2 di kandang dari Man United di pentas Liga Inggris akhir tahun lalu, namun Man City kali ini memang benar-benar mendominasi laga di Old Trafford.

Dari segi penguasaan bola, Man City unggul jauh dari Man United, yakni 57 persen berbanding 43 persen. Man City juga unggul jauh dalam aspek percobaan tembakan, tembakan ke gawang lawan, hingga total jumlah passing.

Well, kemenangan 3-1 di markas Man United ini pun menjadi modal besar bagi Man City untuk menyongsong leg kedua semifinal yang bakal digelar di kandang mereka, Etihad Stadium pada 30 Januari 2020.

Jalannya Pertandingan

Pertandingan di Old Trafford dimulai dengan kondisi berimbang di mana kedua tim saling serang. Akan tetapi, tim tamu yang lebih dulu berhasil membuka keunggulan pada menit ke-17 melalui gol Bernardo Silva.

Berawal dari penguasaan bola yang tenang, Kyle Walker melesat dari sisi kanan untuk kemudian melepaskan umpan yang diselesaikan dengan tembakan keras Bernardo dari luar kotak penalti. Bola bersarang ke pojok kiri atas gawang Man United.

Man City hampir menggandakan keunggulan, tapi dua peluang beruntun Raheem Sterling dihalau oleh duet bek tengah Man United, Victor Lindelof dan Phil Jones. Nama terakhir tampil menggantikan Harry Maguire yang tidak fit.

Hingga akhirnya pada menit ke-33, sebuah serangan balik berhasil diakhiri Man City untuk menjadi gol kedua mereka yang dicetak Riyad Mahrez.

Sang winger sukses menyelesaikan umpan tarik kiriman Bernardo. Mahrez sempat mengecoh kiper Man United, David de Gea sebelum melepaskan sontekan mudah ke gawang tak bertuan.

Teringgal 0-2, Man United sendiri berusaha membalas ketika Marcus Rashford mengirim umpan lob, tapi penyelesaian Mason Greenwood melenceng tak karuan pada menit ke-37.

Semenit kemudian, keadaan kian memburuk bagi Man United.

Tembakan gelandang andalan Man City, Kevin De Bruyne yang berusaha dihalau De Gea malah membuat bola membentur gelandang Man United, Andreas Pereira dan akhirnya masuk ke gawang sendiri.

Gol bunuh diri di menit ke-38 ini membuat Man City kini unggul 3-0, tim tamu semakin di atas angin!

Lima menit terakhir babak pertama sendiri bak kisah horor bagi Man United. Pasalnya, Man City kian membabi-buta meneror pertahanan tim tuan rumah.

Sterling mendapat dua peluang emas, tapi sayangnya keunggulan 3-0 Man City tidak bertambah hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Man United berjudi dengan mencoba tampil jauh lebih menyerang. Namun, usaha-usaha mereka belum juga membuahkan hasil.

Malahan pada menit ke-54, tim besutan Ole Gunnar Solskjaer diselamatkan oleh tiang gawang ketika Mahrez melepaskan tembakan keras, usai situasi sepak pojok.

Lantas pada menit ke-69, De Gea harus bekerja keras untuk menghalau peluang Mahrez. Sang winger berhasil melewati Brandon Williams sebelum melepaskan tembakan berbahaya ke arah gawang Man United.

Semenit berselang, Rashford memperkecil ketertinggalan Man United menjadi 1-3 lewat finishing yang sangat dingin, memanfaatkan assist Greenwood. Well, gol Rashford setidaknya tetap menjaga asa Man United dalam tie ini.

Meski demikian, gol ini rupanya tak lebih dari sekadar gol konsolasi untuk Man United. Sampai laga rampung, mereka urung mendapatkan gol tambahan, sebagaimana laga berakhir dengan kemenangan 3-1 untuk Man City.

Susunan Pemain

Manchester United (4-2-3-1): David de Gea; Aaron Wan-Bissaka, Victor Lindelof, Phil Jones, Brandon Williams; Andreas Pereira, Fred; Daniel James (Angel Gomes), Jesse Lingard (Nemanja Matic), Marcus Rashford; Mason Greenwood (Anthony Martial).

Manchester City (3-4-2-1): Claudio Bravo; Rodri Hernandez, Fernandinho, Nicolas Otamendi; Kyle Walker, Kevin de Bruyne (Gabriel Jesus), Ilkay Gundogan, Benjamin Mendy; Riyad Mahez (Phil Foden), Bernardo Silva; Raheem Sterling.

Terkait

Terkini