Rabu, 19 Februari 2020

Prediksi LIverpool Vs Flamengo di Final Piala Dunia Antarklub 2019

Flamengo pernah mengalahkan Liverpool dengan skor 3-0 dalam final Piala Interkontinental 1981.

Irwan Febri Rialdi
cloud_download Baca offline
cover_caption
Selebrasi Roberto Firmino usai mencetak gol kemenangan Liverpool atas Monterrey dengan skor 2-1. (KARIM JAAFAR / AFP)

Bolatimes.com - Pertandingan seru akan terjadi pada final Piala Dunia Antarklub 2019, antara Liverpool versus Flamengo. Pertandingan akan dihelat di Khalifa International Stadium, Doha, Qatar, Minggu (22/12/2019) dini hari pukul 00.30 WIB.

Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp memang serius menatap ajang Piala Dunia Antarklub ini. Skuat terbaik The Reds --julukan Liverpool-- diboyong ke Qatar.

Demi Piala Dunia Antarklub 2019, Klopp bahkan rela menurunkan tim reserves alias tim U-23 pada laga perempatfinal Piala Liga Inggris 2019/2020 kontra tuan rumah Aston Villa, tengah pekan ini.

Masalah jadwal bentrok ini pun harus dibayar mahal. Skuat muda Liverpool dibantai Aston Villa 0-5 di Villa Park dan harus rela angkat koper dari kompetisi Piala Liga Inggris.

Apapun itu, Klopp dan pasukannya kini fokus untuk memenangi trofi Piala Dunia Antarklub, untuk mengawinkannya dengan trofi Liga Champions serta Piala Super Eropa yang sukses mereka gondol pada pertengahan tahun ini.

Liverpool sendiri lolos ke final usai menundukkan kampiun Liga Champions CONCACAF alias Amerika Tengah 2019, Monterrey dengan skor 2-1 di Khalifa International Stadium, Kamis (19/12/2019) dini hari WIB.

Liverpool sempat memimpin terlebih dahulu melalui gol Naby Keita pada menit ke-11, sebelum Rogelio Funes Mori menyamakan kedudukan untuk Monterrey, tiga menit berselang.

Liverpool sendiri baru bisa mengamankan kemenangan 2-1 melalui gol Roberto Firmino pada masa injury time babak kedua, tepatnya pada menit ke-90+1.

Melenggang ke partai puncak, Liverpool akan menjajal kekuatan sang jawara Copa Libertadores, yakni wakil CONMEBOL alias Amerika Selatan Flamengo.

Flamengo lolos ke final setelah menundukkan klub Arab Saudi, Al-Hilal dengan skor 3-1 pada laga semifinal lalu

Sebagai informasi, Flamengo pernah mengalahkan Liverpool dengan skor 3-0 dalam final Piala Interkontinental 1981. Piala Interkontinental saat ini telah diganti dengan ajang Piala Dunia Antarklub.

Terlepas dari sejarah buruk tersebut, Jurgen Klopp tetap meyakini bahwa Flamengo merupakan tim yang tangguh. Terlebih, Liverpool masih harus mengevaluasi kebugaran para pemainnya.

"Saya belum tahu pasti siapa yang akan siap untuk pertandingan final. Kita lihat saja nanti. Kami melihat Flamengo pada pertandingan semifinal mereka, dan itu merupakan permainan terbuka untuk kurun waktu yang lama. Tim yang tangguh," papar Klopp mengutip laman resmi FIFA.

Klopp pun meyakini dengan keberadaan pelatih kawakan asal Portugal, Jorge Jesus, Flamengo akan memiliki pengaruh bermain gaya Eropa. Sehingga ia sangat mewaspadai tim Brasil tersebut.

"Akan jadi pertandingan berat, pertandingan yang benar-benar berat," ucap pelatih 52 tahun berpaspor Jerman itu.

Ya, Flamengo memang tak bisa dipandang sebelah mata. Rubro-Negro --julukan Flamengo-- punya materi pemain yang bagus.

Mereka memiliki mantan striker Inter Milan, Gabriel Barbosa alias Gabigol. Selain itu, ada juga pemain-pemain berpengalaman yang sempat malang-melintang di persepakbolaan Eropa macam Diego Ribas, Filipe Luis, hingga Rafinha.

Flamengo juga dilatih Jorge Jesus, pelatih kharismatik yang pernah begitu sukses menukangi Benfica. Jesus juga cukup sukses ketika membesut klub raksasa Portugal lainnya, Sporting CP.

Tak ketinggalan, Flamengo juga tercatat hanya sekali kalah dalam 31 laga terakhir mereka di semua ajang.

Prakiraan Susunan Pemain
 
Liverpool XI: Alisson; Alexander-Arnold, Gomez, Van Dijk, Milner; Henderson, Keita, Shaqiri; Mane, Salah, Firmino.

Pelatih: Jurgen Klopp (Jerman)

Flamengo XI: Alves; Rafinha, Caio, Mari, Luis; Arao, Gerson; Ribeiro, De Arrascaeta, Henrique; Barbosa.

Pelatih: Jorge Jesus (Portugal)

Terkait

Terkini