Minggu, 16 Mei 2021

Kapten Timor Leste U-15 Diduga Curi Umur, Media Vietnam Turut Buka Suara

Paulo Domingos Gali Da Costa Freitas diduga terlalu tua delapan tahun untuk mengikuti Piala AFF U-15.

Rauhanda Riyantama
cloud_download Baca offline
cover_caption
Striker Timnas Timor Leste di Piala AFF 2018, Paulo Domingos Gali Da Costa Freitas. (Dok. AFF Suzuki 2018)

Bolatimes.com - Kapten Timor Leste U-15, Paulo Domingos Gali Da Costa Freitas, tengah menjadi sorotan di Piala AFF U-15 2019. Tidak hanya karena performanya, tetapi juga dugaan pemalsuan usia.

Freitas tampil fenomenal di Piala AFF U-15 dengan menjadi top skor sementara berkat torehan lima gol. Ketajaman dirinya membuat Timor Leste kini memimpin Grup A dengan poin tujuh dari tiga pertandingan.

Freitas juga memaksa Indonesia bermain imbang 1-1 kontra Timor Leste. Ia berhasil membobol gawang skuat Garuda Muda ketika saling berhadapan di Institute of Physical Education (IPE) Chonburi Campus Stadium, Chonburi, Rabu (31/7/2019).

Namun, Freitas kini sedang menuai perhatian karena diduga memalsukan umur. Dugaan itu dipicu kemiripan nama Paulo Domingos dengan pemain berusia 22 tahun Timor Leste yang tampil di Piala AFF 2018.

Di situs penyedia data sepak bola, Transfermarkt, juga mencatat bahwa Paulo Domingos Freitas lahir pada 31 Desember 1996. Laman tersebut juga mencatat jika pemain yang dimaksud sudah dua kali tampil di ajang Internasional bersama Timor Leste.

Dugaan pemalsuan usia Freitas tidak hanya menjadi sorotan media-media di Indonesia, tetapi juga Vietnam. Salah satu media olahraga Vietnam yang turut memberitakan adalah Bongda.vn.

"Kapten Timor Leste U-15, Domingos Gali Da Costa Freitas, dicurigai lebih tua delapan tahun dari usia skarang. Media Indonesia dan Myanmar memberikan banyak bukti bahwa kapten Timor Leste U-15 adalah 100% identik dan memiliki penampilan yang mirip dengan pemain Timor Lester lainnya yang berkompetisi di U19 Asia Tenggara 2018 dan Piala AFF 2018," tulis Bongda.vn.

"Secara khusus, gambar yang paling mirip adalah informasi tentang tim Timor Leste di situs web Piala AFF 2018. Dengan demikian, dalam data Timor Leste, ada foto pemain Paulo Domingos Gali Da Costa Freitas, posisi penyerang, dan usia 22 tahun," imbuhnya.

Terkait hal ini, melalui situs resminya, AFF menyatakan akan melakukan investigasi setelah menerima laporan dari peserta lain yang merasa curiga. Walau tidak menyebutkan nama pemain dan negara, banyak yang memprediksi bahwa sosok yang dimaksud adalah Paulo Domingos Gali Da Costa Freitas.

Terkait

Terkini