Senin, 25 Januari 2021

Setelah 8 Musim, Andrea Dovizioso Resmi Tinggalkan Ducati

"Ini balapan terakhir saya dengan Ducati," kata Dovi.

Irwan Febri Rialdi
cloud_download Baca offline
cover_caption
Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso (kiri) saat berbincang dengan Valentino Rossi (Movistar Yamaha) dalam sebuah kesempatan. [AFP / Juan Mabromata]

Bolatimes.com - Andrea Dovizioso resmi meninggalkan tim pabrikan Ducati setelah delapan musim berkarier. Laga terakhir dirinya bersama Ducati adalah seri pemungkas MotoGP di Portugal pada Minggu (22/11/2020) malam.

Pebalap Italia itu dipastikan tidak mendapatkan bangku untuk membalap musim depan dan untuk sementara mengambil "cuti" dari MotoGP sembari mencari proyek yang tepat sebelum kembali ke MotoGP dan menentukan masa depannya.

Setelah start dari P12 dan finis keenam di Portimao. Dovi--sapaan Andrea Dovizioso--mengakhiri musim 2020 pada peringkat empat klasemen yang memang menjadi target timnya sejak awal tahun.

"Ini balapan terakhir saya dengan Ducati," kata Dovi seperti dikutip laman resmi tim.

"Dalam empat tahun terakhir kami telah mampu melakukan hal yang luar biasa."

Dovi menjadi penantang utama Marc Marquez ketika dia finis runner-up kejuaraan di belakang sang pebalap Spanyol selama tiga tahun beruntun dari 2017-2019, dan mengemas total 14 kemenangan, 40 podium dan enam pole position bersama tim pabrikan Ducati.

"Setelah delapan musim ini terdapat hubungan yang luar biasa di dalam tim saya yang tentunya akan sangat saya rindukan."

Ducati hari itu juga mengamankan titel konstruktor berkat Jack Miller yang finis runner-up sehingga mematahkan ambisi Suzuki yang ingin menyapu bersih tiga mahkota MotoGP tahun ini setelah titel juara dunia pebalap direbut Joan Mir sekaligus titel tim terbaik.

Miller bakal hijrah dari tim Pramac Racing ke tim pabrikan Ducati tahun depan menjadi tandem Francesco Bagnaia, yang juga rekan satu timnya tahun ini. (Sumber: Antara)

Terkait

Terkini