Selasa, 01 Desember 2020

Naik Meja Operasi Lagi, Momota Berpeluang Absen di Olimpiade Tokyo 2020

Sebelumnya Momota mengalami kecelakaan.

Rauhanda Riyantama
cloud_download Baca offline
cover_caption
Juara Indonesia Open 2018 dari sektor tunggal putra, Kento Momota di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (8/7/2018). (Suara.com/Arief Apriadi)

Bolatimes.com - Pebulutangkis tunggal putra peringkat satu dunia asal Jepang, Kento Momota harus kembali beristirahat selama tiga bulan ke depan. Momota diharuskan beristirahat setelah menjalani operasi di bagian wajah pada Sabtu (8/2/2020).

Sebagaimana diketahui, Kento Momota sempat mengalami kecelakaan pada 13 Januari 2019. Insiden di Malaysia itu membuat Momota mengalami cedera serius di bagian wajah, mulai dari patah tulang pipi hingga sobek di bibir dan dahi.

Setelah absen cukup lama, Momota sudah terlihat kembali berlatih bersama Timnas Jepang sejak 3 Februari lalu. Dia bahkan berencana untuk menjalani debut usai cedera di ajang All England 2020.

Namun, dilansir Kyodonews, peraih dua gelar juara dunia itu harus kembali menjalani operasi, lantaran tim dokter telah menemukan cedera retak tulang di bagian mata kanan Momota.

Cedera itu baru diketahui setelah pebulutangkis 25 tahun itu mengeluhkan penglihatan berbayang kala berlatih bersama rekan-rekannya di pelatnas. Dia diprediksi harus absen sekitar tiga bulan ke depan.

Kondisi mobil van yang ditumpangi Kento Momota dan rombongan menabrak bagian belakang truk di Mex Espressway, Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (13/1/2020). [AFP/Malaysia Fire and Rescue Department]
Kondisi mobil van yang ditumpangi Kento Momota dan rombongan menabrak bagian belakang truk di Mex Espressway, Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (13/1/2020). [AFP/Malaysia Fire and Rescue Department]

 

"Saat ini, pebulutangkis 25 tahun itu harus kembali menunda comeback-nya ke ajang kompetitif. Sebelumnya, Momota berencana untuk menandai debutnya pasca cedera di All England yang bakal berlangsung 11 Maret mendatang," tulis Kyodonews, Sabtu (8/2/2020).

Kabar tersebut menjadi pukulan telak bagi Timnas Jepang. Park Joo Bong selaku pelatih kepala bahkan mengaku terkejut dengan berita buruk yang dialami anak latihnya itu.

"Kabar ini membuat saya terkejut. Kami harus melihat kondisi setelah operasi di lakukan. Untuk saat ini, saya ingin Kento Momota fokus pada penyembuhan dan jangan terburu-buru," jelas Park Joo Bong.

Selain bakal absen di All England 2020 dan beberapa turnamen lainnya, kans Kento Momota ke Olimpiade 2020 juga terancam. Pasalnya, absen selama tiga bulan ke depan bakal membaut waktu persiapannya ke Olimpiade menjadi sempit.

Sebagaimana diketahui, Olimpiade 2020 akan berlangsung mulai 24 Juli hingga 9 Agustus mendatang. Tokyo, Jepang, akan menjadi lokasi penyelenggaran multievent terakbar di dunia tersebut.

Terkait

Terkini