Jum'at, 27 November 2020

Indonesia Akhirnya Lampaui Target Emas Jokowi di SEA Games 2019

Indonesia kini telah mengoleksi 66 emas.

Rauhanda Riyantama
cloud_download Baca offline
cover_caption
Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2019 resmi dikukuhkan. Proses pengukuhan berlangsung di Hall Basket, Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu (27/11/2019). (Suara.com/Arief Apriadi)

Bolatimes.com - Kontingen Indonesia sukses memenuhi target 60 medali emas dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari kedelapan penyelenggaraan SEA Games 2019, Minggu (8/12/2019).

Hal itu dipastikan setelah pemanah Hendra Purnama berhasil merebut podium tertinggi di nomor recruve perorangan putra cabang olahraga panahan.

Hendra meraih medali emas usai mengalahkan wakil Myanmar, Oo Htike Lin di babak final. Hendra diketahui menang dengan skor 6-4 di Parade Ground, Filipina.

Hingga berita ini diturunkan, Indonesia tak hanya berhasil mewujudkan harapan Presiden Jokowi. Kontingen Merah-Putih seakan tak puas dan kini tercatat telah merengkuh 66 medali emas.

Tiga tambahan podium tertinggi itu dipersembahkan cabang olahraga (cabor) selancar, bowling, dan ski air.

Cabor selancar mempersembahkan medali emas lewat Hairil Anwar yang turun di nomor shortboard putra. Ia mengalahkan kompatriotnya sendiri, Rio Waida yang harus puas meraih medali perak.

Sementara medali perunggu masing-masing diraih peselancar tuan rumah, John Tokong, dan Henry Sitipong (Thailand).

Dari cabor bowling, Indonesia merebut medali emas lewat Billy Muhammad Islam. Dia menjadi yang terbaik setelah mengalahkan kompatriotnya sendiri, Ryan Laisang di nomor master putra.

Sedangkan dari cabor ski air, Indonesia merebut medali emas dari nomor cableski mixed team yang diisi Safira Widodo, Nur Priambodo, Emilia Hampp, Muhammad Putu, Ade Hermana, dan Dimas Suprihono.

Tim Ski Air Indonesia sukses menjadi yang terbaik dengan mengalahkan tim Thailand dan Malaysia, yang berturut-turut harus puas merebut medali perak dan perunggu.

Dengan raihan 66 medali emas, Indonesia untuk sementara masih berada di peringkat kedua klasemen perolehan medali SEA Games 2019, di bawah tuan rumah Filipina.

Terkait

Terkini