Jum'at, 27 November 2020

Pendapatan Naik 16,4 Persen, Arkadia Digital Media Optimistis Sambut 2020

PT Arkadia Digital Media Tbk mencatatkan pendapatan sebesar Rp 23,54 miliar.

Irwan Febri Rialdi
cloud_download Baca offline
cover_caption
PT Arkadia Digital Media Tbk (DIGI) memaparkan pencapaian dan kinerja sepanjang satu tahun terakhir. (Suara.com/Angga Budiyanto).

Bolatimes.com - PT Arkadia Digital Media Tbk (DIGI) telah memaparkan pencapaian dan kinerja sepanjang satu tahun terakhir dalam agenda Public Expose 2019 di Hotel Jambuluwuk Thamrin, Jl Riau, Jakarta, Kamis (5/12/2019). Secara umum, pencapaian ini dinilai cukup membanggakan.

Secara fianansial, berdasarkan laporan keuangan terbaru periode kuartal ketiga (Q3) yang sudah disampaikan kepada pihak Bursa Efek Indonesia (BEI) dan dapat diakses publik, per 30 September 2019, PT Arkadia Digital Media Tbk mencatatkan pendapatan sebesar Rp 23,54 miliar.

Angkat tersebut tercatat naik 16,4 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu, yakni sebesar Rp 20,21 miliar.

CEO PT Arkadia Digital Media Tbk, Wiliam Martaputra, merasa puas dengan pencapain ini. Peningkatan pendapatkan sebesar 16,4 persen membuktikan bahwa bisnis media digital dinilai sangat menjanjikan.

CEO PT Arkadia Digital Media Tbk, Wiliam Martaputra. (Suara.com/Angga Budiyanto).
CEO PT Arkadia Digital Media Tbk, Wiliam Martaputra. (Suara.com/Angga Budiyanto).

"Kinerja Perseroan hingga mendekati akhir tahun cukup memuaskan. Pencapaian di atas ekspektasi awal dan ini menunjukkan bisnis media digital sangat menjanjikan. Penguatan konten, distribusi, inovasi hingga pemantapan lini bisnis membuat capaian setahun terakhir membanggakan," kata Wiliam Martaputra.

Beberapa pencapaian sepanjang tahun ini antara lain adalah dengan diluncurkannya 5 (lima) Suara.com Regional sebagai saluran khusus untuk berita-berita lokal (daerah) pada Maret 2019.

Dalam hitungan bulan, kelima situs tersebut, yakni Suara Banten, Suara Jabar, Suara Jateng, Suara Jogja dan Suara Jatim, terbukti potensial dan menarik minat pembaca. Sehingga, pengembangan maksimal dan peluncuran lebih banyak lagi Suara.com Regional sangat dipertimbangkan.

Dua langkah pengembangan lainnya yang belum lama dilakukan, pertama adalah peluncuran sistem membership, yang sekaligus diperkuat dengan fitur untuk memaksimalkan konten buatan pengguna (User Generated Content/UGC) berikut sistem poinnya, pada September 2019.

Selanjutnya adalah peluncuran platform e-commerce Serbada.com yang memperkenalkan konsep "news-commerce" pada 11 November 2019, dengan potensi besar dan sistem yang masih sangat terbuka untuk terus dikembangkan.

Suara.com sendiri mengalami kemajuan cukup pesat dalam setahun terakhir, yang antara lain terlihat dari jumlah produksi konten maupun variasi dan kualitas yang dihasilkan. Beberapa sajian andalan seperti yang terhimpun di laman Cek Fakta, Khas (Liputan Khusus), juga puluhan video-video liputan reporter dari lapangan per harinya, telah menjadi produk yang kian diminati khalayak belakangan.

Cek Fakta bahkan mencatatkan capaian tersendiri, dengan resmi diakuinya Suara.com sebagai salah satu media online terverifikasi dalam daftar International Fact-Checking Network (IFCN) pada Oktober 2019 lalu.

Tidak ketinggalan pula berbagai hasil olahan tim multimedia lewat Arkadia Production, baik yang bersifat produk atau program spesial dengan dukungan infografis/videografis dari tim desain, maupun produk layanan untuk berbagai klien. Khusus yang kedua ini, antrean pesanan dan jadwal kerjanya bahkan hampir tidak pernah berhenti sepanjang tahun ini.

Lainnya, juga ada kinerja dari unit Arkadia Event, yang setidaknya telah menggelar dua kegiatan besar dan bergengsi sepanjang tahun 2019. Yang pertama adalah talkshow "Politik Tanpa Hoax" yang digelar berbarengan dengan peluncuran Suara.com Regional pada bulan Maret, dan yang kedua adalah event lomba Situ Gunung Trail Run 2019 yang dilaksanakan pada Agustus di daerah Sukabumi.

Catatan yang juga menunjukkan capaian membanggakan itu bisa dilihat dari data traffic ke portal-portal yang dikelola Perseroan, serta dari peringkat Alexa. Suara.com misalnya, terutama mulai awal Q2 tahun ini sudah mencatatkan traffic harian maupun bulanan yang naik sekitar dua kali lipat dari periode sebelumnya, yang sejauh ini berujung pada duduknya Suara.com di posisi 6 besar portal berita nasional yang terverifikasi Dewan Pers hingga saat ini.

Demikian juga halnya dengan yang dialami beberapa portal vertikal, seperti Matamata.com dan Hitekno.com. Matamata.com misalnya, terus mencatatkan progres, baik dari sisi sajian maupun capaian traffic-nya, dan belakangan sudah rutin masuk di peringkat 40-an Alexa.

Demikian juga dengan Hitekno.com, yang dalam beberapa bulan belakangan terus berkembang dan kini telah menjadi portal nomor satu di bidangnya (teknologi, gadget dan sejenisnya).

PT Arkadia Digital Media Tbk (DIGI) memaparkan pencapaian dan kinerja sepanjang satu tahun terakhir. (Suara.com/Angga Budiyanto).
PT Arkadia Digital Media Tbk (DIGI) memaparkan pencapaian dan kinerja sepanjang satu tahun terakhir. (Suara.com/Angga Budiyanto).

"Generasi milenial, pengakses digital usia muda lebih menyukai portal vertikal yang tersegmentasi sesuai yang mereka inginkan. Ini membuat pertumbuhan 7 portal vertikal berkembang cepat. Untuk Matamata.com dan Hitekno.com bisa mencapai 3 besar portal vertikal di bidangnya yang diraih dua tahun sejak berdiri," kata Suwarjono, Pemimpin Redaksi portal-portal media di bawah PT Arkadia Digital Media Tbk.

Atas pencapaian tersebut di atas, Suwarjono menambahkan, Perseroan menatap tahun depan dengan optimistis, baik dari segi kinerja dan pencapaian yang diyakini masih akan terus meningkat, maupun dari sisi performa keuangan dan permodalan. Perseroan memiliki sejumlah program pengembangan yang juga sudah dirancang untuk unit-unit usaha Perseroan setidaknya dalam setahun ke depan.

Diketahui, saat ini Perseroan memiliki tiga anak perusahaan, masing-masing yaitu PT Arkadia Digital Media (AMN) yang mengelola Suara.com dan mengembangkan Suara.com Regional; PT Mata Media Nusantara (MMN) yang mengelola Matamata.com (portal selebriti dan hiburan), Bolatimes.com (sepak bola dan olahraga) dan Hitekno.com (teknologi dan gadget); serta PT Integra Archipelago Media (IAM) yang mengelola portal-portal seperti Dewiku.com (perempuan), Mobimoto.com (otomotif dan motorsport), Guideku.com (travel dan kuliner) dan Himedik.com (kesehatan dan medis).

Unit usaha lainnya adalah Arkadia Production dan Arkadia Event, ditambah portal e-commerce Serbada.com yang baru meluncur November 2019.

Terkait

Terkini