Minggu, 08 Desember 2019

Kenalin Nih Atlet Termuda Asal Indonesia yang Ikut di Ajang SEA Games 2019

Ia merupakan atlet skateboard.

Galih Priatmojo
cover_caption
Skateboarder yang menjadi atlet termuda Indonesia di SEA Games 2019, Kyandra Kaelani Susanto, saat menghadiri prosesi pengukuhan kontingen Indonesia menuju SEA Games 2019 di Basket Hall Senayan, Jakarta, Rabu (27/11/2019). [Suara.com/Arief Apriadi]

Bolatimes.com - Indonesia menyertakan sebanyak 841 atlet di ajang SEA Games 2019 Filipina. Dari jumlah tersebut ada salah satu atlet yang mencuri perhatian.

Dia adalah Kyandra Kailana Susanto. Atlet cabang olahraga skateboard menjadi sorotan lantaran menjadi atlet termuda Indonesia pada SEA Games 2019.

Skater yang akan turun di nomor street putri itu kini baru berusia 10 tahun. Ia diketahui lahir pada 5 Maret 2009. Saat ini Kyandra masih duduk di bangku kelas 5 SD.

"Ini SEA Games pertama saya. Bisa ikut SEA Games 2019 ini saya senang sekali," ujar Kyandra saat menghadiri prosesi pengukuhan kontingen Indonesia menuju SEA Games 2019 di Basket Hall Senayan, Jakarta, Rabu (27/11/2019).

Kyandra menyebut belum lama mendalami cabor skateboard. Sebelum terpilih masuk skuat Timnas Indonesia, ia baru berlatih serius kira-kira satu tahun.

"Saya main skateboard dari usia sembilan tahun. Saya latihan kira-kira baru satu tahun. Menurut saya skateboard seru saja," beber atlet yang mengidolai skater Nyjah Huston.

Berpeluang Rebut Perunggu

Kendati masih berusia sangat muda, Kepala Pelatih Timnas sktaboard Indonesia, Jo Jaya Charles Kusuma meyakini Kyandra memiliki kans untuk merebut medali di SEA Games 2019.

Charles memprediksi, kans terbesar Kyandra di nomor street putri adalah bisa merebut medali perunggu, meski lawan-lawan yang dihadapi juga cukup sulit.

Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2019 resmi dikukuhkan. Proses pengukuhan berlangsung di Hall Basket, Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu (27/11/2019). (Suara.com / Arief Apriadi)
Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2019 resmi dikukuhkan. Proses pengukuhan berlangsung di Hall Basket, Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu (27/11/2019). (Suara.com / Arief Apriadi)

"Kyandra kami pilih bukan main comot-comot saja. Ini sudah melewati tahap seleksi nasional, dan dia memang bagus," ujar Charles saat dihubungi Suara.com.

"Menurut saya dia punya bakat memang. Di SEA Games 2019 sendiri kans dia untuk meraih medali itu ada, mungkin bisa perunggu," sambungnya.

Kyandra mengaku cukup gugup dalam menyambut debutnya di SEA Games. Namun, Juara 1 U-15 Disporyata Depok 2019 itu tetap bertekad meraih prestasi terbaik.

"Ada takut sih karena lawannya jago-jago. Yang berat itu dari negara Filipina. (Tapi), saya mau mendapatkan medali," tegas Kyandra.

Jadi Atlet Skateboard Profesional

Sementara itu, Laksmita Dewi (37 thn), ibunda Kyandra, mengaku tidak masalah dengan hobi ekstreem anaknya.

Kendati olahraga skateboard lebih cenderung dimainkan laki-laki, Mita, sapaan akrab Laksmita tetap mendukung penuh kiprah Kyandra.

Selama sang anak menikmati hobi positif, dia menyebut akan tetap mendukung, disamping juga melihat prestasi-prestasi yang diraih mendatang.

Atlet Skateboard Indonesia Kyandra Kaelani Susanto. [Instagram/kyankailana]
Atlet Skateboard Indonesia Kyandra Kaelani Susanto. [Instagram/kyankailana]

"Jujur sih saya sebenarnya lihat anaknya itu menikmati sekali main skateboard. Sekarang cita-cita dia juga ingin jadi atlet skateboard profesional," beber Mita.

"Sebisa mungkin saya jadi orang tua mendukung selagi postif. Anak saya memang tidak terlalu suka belajar (formal) ya."

"Kalau memang hasilnya bagus dan dia serius saya bilang boleh konsuling agar karier di skateboard-nya lebih baik lagi. Tapi tetap istilahnya harus tetap belajar terus," sambungnya.

Lebih jauh, Mita berharap Kyandra bisa tampil baik di SEA Games 2019. Kendati dirinya sadar lawan-lawan yang dihadapi anaknya di SEA Games 2019 Filipina skateboarder-skateboarder tangguh.

"Ya saya bangga sebagai orang tua, apalagi dia jalankan apa yang dia suka tanpa kita paksa. Saya berharap yang terbaik saja untuk Kyandra di SEA Games 2019," pungkas Mita.

Profil Singkat Kyandra

Nama: Kyandra Kailana Susanto

TTL : Tangerang Selatan, 5 Maret 2009

Sekolah: SD Dharma Karya UT, kelas 5

Prestasi :
- Juara 3 Pump Track Skatesember 2018
- Juara 1 Girl class Xjodo Skate Jam 2019
- Juara 1 U15 Disporyata Depok 2019
- Juara 1 U15 Amplitude Skate & Rock Festival Bali 2019
- Juara 1 Girl Class Indonesia Open X-sport Championship 2019

Terkait

Terkini