Kamis, 21 November 2019

Tim Basket Putri 3x3 akan Diperkuat Pemain Naturalisasi di SEA Games 2019

Ia adalah Peyton Alexis Whitted asal Amerika Serikat.

Rauhanda Riyantama
cover_caption
Pebasket putri Amerika Serikat, Peyton Alexis Whitted, mendapat persetujuan Komisi III dan Komisi X DPR menjadi pemain naturalisasi Indonesia di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (7/11/2019). [Antara/Nova Wahyudi]

Bolatimes.com - Chef de Mission (CdM) Indonesia untuk SEA Games 2019, Harry Warganegara, menyebut Timnas Basket Putri 3x3 Indonesia bakal diperkuat pemain naturalisasi. Pebasket impor yang bakal memakai seragam Tim Garuda adalah Peyton Alexis Whitted.

Atlet kelahiran Amerika Serikat itu telah mendapat persetujuan naturalisasi dari Komisi III dan Komisi X DPR-RI pada, Kamis (7/11/2019).

"Peyton bisa bermain di SEA Games 2019, Insya Allah. Sekarang tinggal menunggu paspornya jadi," ujar Harry Warganegara di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, Jumat (8/11/2019).

Menurut Harry, setelah mendapat persetujuan dari DPR, Peyton harus menunggu proses adiminstrasi perubahan kewarganegaraan sekitar satu minggu ke depan.

Nama pebasket bertinggi badan 192 sentimeter itu telah dimasukkan ke dalam long list skuat Timnas Basket 3x3 Indonesia di SEA Games 2019.

"Mungkin seminggu ke depan sudah jadi paspornya. Kalau di long list nama Peyton sudah didaftarkan," jelas Harry.

Chef de Mission (CdM) Indonesia untuk SEA Games 2019, Harry Warganegara di kawasan Sudirman, Senayan, Jakarta, Senin (4/11/2019). [Suara.com/Arief Apriadi]
Chef de Mission (CdM) Indonesia untuk SEA Games 2019, Harry Warganegara di kawasan Sudirman, Senayan, Jakarta, Senin (4/11/2019). [Suara.com/Arief Apriadi]

 

Kepastian itu membuat Peyton menjadi satu-satunya pebasket impor yang menyelesaikan proses naturalisasi tepat waktu. Sebagaimana diketahui, SEA Games 2019 bergulir pada 30 November hingga 11 Desember mendatang.

Sementara, Kimberly Pierre Louis yang diproyeksikan menjadi pemain naturalisasi Timnas basket 5x5 putri Indonesia, hingga kini belum merampungkan proses naturalisasi. Begitu juga dengan Brandon Jawato dari Timnas basket 5x5 putra Indonesia.

"Selain dia tidak ada lagi. Sudah tidak cukup waktu juga dan saya tidak dengar dari cabor lain yang mengajukan naturalisasi selain basket 3x3 ini," pungkas CdM Indonesia untuk SEA Games 2019, Harry Warganegara.

Terkait

Terkini